Analisa Transformasi Bisnis Dengan SWOT dan Bisnis Canvas Model Pada PT Kawasan Industri Makassar (Persero) [Dari Jual/Beli Lahan dan Sewa Gudang/BPSP (Landlord Business) Menjadi Layanan Jasa (Services) Berbasis Execution Premium Strategy) = Business Transformation Analysis With SWOT and Business Canvas Model in PT. Kawasan Industri Makassar (Persero) [From Selling/Buying Land and Leasing Warehouses/Bpsp (Landlord Business) to Services Based On Execution Premium Strategy)


Mahmud, Muhammad (2022) Analisa Transformasi Bisnis Dengan SWOT dan Bisnis Canvas Model Pada PT Kawasan Industri Makassar (Persero) [Dari Jual/Beli Lahan dan Sewa Gudang/BPSP (Landlord Business) Menjadi Layanan Jasa (Services) Berbasis Execution Premium Strategy) = Business Transformation Analysis With SWOT and Business Canvas Model in PT. Kawasan Industri Makassar (Persero) [From Selling/Buying Land and Leasing Warehouses/Bpsp (Landlord Business) to Services Based On Execution Premium Strategy). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A012201023_tesis_04-02-2022 cover.png

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A012201023_tesis_04-02-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A012201023_tesis_04-02-2022 dp.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A012201023_tesis_04-02-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

MUHAMMAD MAHMUD. Analisa Transformasi Bisnis Dengan SWOT dan Bisnis Canvas Model Pada PT Kawasan Industri Makassar (Persero)
[Dari Jual/Beli Lahan dan Sewa Gudang/BPSP (Landlord Business) Menjadi Layanan Jasa (Services) Berbasis Execution Premium Strategy) (dibimbing oleh : Muh. Asdar dan Muh. Yunus Amar)

Penelitian ini bertujuan untuk (i) mengetahui Bisnis Kawasan Industri secara umum (ii) mengetahui bisnis proses yang dijalankan oleh PT (Persero) Kawasan Industri Makassar (PT KIMA) saat ini; (iii) mengetahui sampai seberapa jauh PT KIMA akan bertahan pada bisnis modelnya saat ini; (iv) mengetahui tingkat pengaruh lingkungan PT KIMA yang saat ini sudah dikelilingi hunian masyarakat dan perumahan mewah seperti Sumarecon dan Citra Land (Ciputra Group); (v) mengetahui peningkatan tuntutan kualitas layanan dari para tenant PT KIMA seiring dengan kemajuan teknologi, fasilitas logistik, kebutuhan energi, ketersediaan air, pengolahan limbah berbahaya dan kenyamanan serta keamanan lingkungan Kawasan Industri yang sudah menjadi standar di Kawasan Industri Global; dan (vi) mengetahui tingkat pengaruh proses transformasi PT KIMA dari yang sebelumnya hanya Land Lord bisnis dan harus berkembang sebagai penyedia layanan jasa yang mendukung kelancaran kegiatan industri yang dilakukan oleh para tenant.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan penelitian Kualitatif. Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian berlandasakan pada filsafat post positivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah. Data dan informasi perusahaan akan menjadi sumber data utama untuk penelitian ini, dan peneliti juga akan mencari sumber data lainnya untuk memastikan triangulasi data dijalankan dalam rangka meningkatkan validitas penelitian ini. Analisis data bersifat induktif yaitu berdasarkan fakta- fakta yang ditemukan di lapangan dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna, makna yang dimaksud adalah data yang sebenarnya, data yang pasti yang merupakan suatu nilai dibalik data yang Nampak.Tujuan utama penelitian ini adalah untuk melakukan penelitian komparatif terkait bisnis model PT KIMA saat ini terhadap transformasi dan pengembangan bisnis yang diajukan (komparasi bisnis model sebelumnya yang terbatas pada jual/beli lahan dan penyewaan Gudang terhadap rencana pengembangan cakupan bisnis yang lebih luas).
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa bisnis transformasi mutlak diperlukan untuk memastikan keberlangsungan bisnis PT KIMA. Tanpa transformasi bisnis, PT KIMA akan sulit mempertahankan dan mengembangkan bisnisnya. Menyediakan pelayanan untuk mendukung keberlangsungan bisnis tenant akan meningkatkan kepuasan tenant, memastikan loyalitas tenant, dan dalam jangka panjang dapat menarik calon investor baru.
Kata Kunci: Land Lord Business, Business Transformation, kepuasan pelanggan, dan loyalitas.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 14 Feb 2022 06:21
Last Modified: 14 Feb 2022 06:21
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13256

Actions (login required)

View Item
View Item