Kesantunan Berbahasa Tokoh dalam Film Anak Karaeng: Perspektif Brown & Levinson = Politeness in the Language of Characters in Films Anak Karaeng Perspective of Politeness Brown and Levinson.


Nabila, Hikmah Sabda (2022) Kesantunan Berbahasa Tokoh dalam Film Anak Karaeng: Perspektif Brown & Levinson = Politeness in the Language of Characters in Films Anak Karaeng Perspective of Politeness Brown and Levinson. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F51116006_skripsi_31-01-2022 cover.png

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F51116006_skripsi_31-01-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F51116006_skripsi_31-01-2022 dp.pdf

Download (567kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F51116006_skripsi_31-01-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Hikmah Sabda Nabila. 2021. Kesantunan Berbahasa Tokoh dalam Film Anak Karaeng Perspektif Brown & Levinson. (dibimbing oleh Gusnawaty dan Ery Iswary).
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan strategi kesantunan berbahasa serta penggunaan ciri kesantunan linguistik oleh tokoh dalam film Anak Karaeng. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara teknik menyimak dan mencatat, kemudian memilih teks tuturan oleh tokoh dalam film tersebut. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan penggunaan strategi kesantunan berbahasa berdasarkan teori Brown Levinson. Kemudian menginterpretasi data yang berupa penggunaan ciri linguistik kesantunan oleh tuturan tokoh dalam film Anak Karaeng.

Hasil penelitian ini menunjukan penggunaan tiga jenis strategi kesantunan berbahasa tokoh yaitu penggunaan strategi terus terang tanpa basa basi yang terdiri dari penggunaan bald on record mengancam muka dan bald on record tidak mengancam muka, penggunaan strategi kesantunan positif yang terdiri dari pengakuan kesamaan, penunjukan antara penutur dan petutur bekerja sama dan memenuhi keinginan penutur kemudian penggunaan strategi yang terakhir yaitu strategi kesantunan negatif yang terdiri dari pernyataan pesimisme, penggunaan strategi opologia, pernyataan hormat dan strategi impersonalisasi. Selanjutnya penggunaan ciri kesantunan linguistik yaitu penggunaan sapaan, klitika honorifik dan klitika familiar. Strategi kesantunan berbahasa dan ciri kesantunan linguistik yang digunakan tokoh dalam film Anak Karaeng menggambarkan realitas kesantunan orang Makassar dalam berinteraksi.
Kata kunci: film, strategi kesantunan berbahasa, ciri kesantunan linguistik, BudayaMakassar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 14 Feb 2022 02:20
Last Modified: 14 Feb 2022 02:20
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13199

Actions (login required)

View Item
View Item