PENDEKATAN GENETIK UNTUK MENGIDENTIFIKASI KARAKTER SPESIFIK SUKROSA AREN (Arenga pinnata (Wurmb) Merr.)


Nirawati, Nirawati (2022) PENDEKATAN GENETIK UNTUK MENGIDENTIFIKASI KARAKTER SPESIFIK SUKROSA AREN (Arenga pinnata (Wurmb) Merr.). Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
P013171026_disertasi_05-11-2021 cover1.png

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
P013171026_disertasi_05-11-2021 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
P013171026_disertasi_05-11-2021 dp.pdf

Download (481kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
P013171026_disertasi_05-11-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan (1) Menganalisis gen penanda sukrosa pada Aren dari Provenansi Maros dan Provenansi Sinjai, (2) Analisis Asosiasi karakter morfologi dengan kandungan gula (Brix) pada Aren, (3) Analisis asosiasi karakter fisiologi dengan kandungan gula (Brix) pada Aren, dan (4) Mendesain marka spesifik SSR dari genom inti pohon Aren yang dapat digunakan untuk studi keragaman genetik.
Penelitian ini menggunakan materi genetik dari Provenansi Maros dan Provenansi Sinjai Sulawesi Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dan pengukuran karakteristik morfofisiologi serta analisis laboratorium untuk karakteristik molekuler. Pengambilan sampel dilakukan pada pohon Aren yang sedang produktif dan sementara dalam proses penyadapan, pohon sampel setiap Provenansi di pilih secara acak sebanyak 25 sampel pohon sehingga total pohon sampel sebanyak 50 sampel. Data dianalisis menggunakan analisis statistik melalui regresi untuk melihat korelasi karakteristik morfofisiologi dan beberapa faktor lingkungan Aren terhadap kandungan gula, dan data molekuler dianalisis secara deskriptif, berdasarkan foto hasil elektroforesis sampel yang diujikan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan genetik terhadap karakter kuantitatif kandungan gula pada Aren akan memberikan informasi terkait karakter-karakter spesifik berupa penanda sukrosa, penanda SSR hasil desain dari genom inti yang cocok untuk Aren, karakteristik morfofisiologi dan beberapa faktor lingkungan yang signifikan mempengaruhi kandungan gula aren. Karakter morfologi yang menunjukkan korelasi positif adalah jumlah daun hijau, panjang anak daun, tinggi batang, sedangkan intensitas cahaya di bawah tegakan menunjukkan korelasi yang negatif. Informasi Karakter genetik dan morfofisiologi dapat dijadikan acuan untuk memodifikasi karakter-karakter yang memberikan pengaruh dalam rangka pengembangan budidaya pohon Aren untuk memperoleh kualitas dan kuantitas kandungan gula nira yang tinggi.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Ilmu Pertanian
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 10 Feb 2022 07:44
Last Modified: 10 Feb 2022 07:44
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13181

Actions (login required)

View Item
View Item