MARKET BASKET ANALYSIS DENGAN ALGORITMA APRIORI MENGGUNAKAN ASSOCIATION RULE UNTUK PENJUALAN SPARE PART ALAT BERAT PADA CV. SENTOSA SUKSES ABADI = MARKET BASKET ANALYSIS WITH APRIORI ALGORITHM USING ASSOCIATION RULE FOR HEAVY EQUIPMENT SPARE PART SALES AT CV. SENTOSA SUKSES ABADI


Jibril, Ummaerah Safriaty Juwaeni (2022) MARKET BASKET ANALYSIS DENGAN ALGORITMA APRIORI MENGGUNAKAN ASSOCIATION RULE UNTUK PENJUALAN SPARE PART ALAT BERAT PADA CV. SENTOSA SUKSES ABADI = MARKET BASKET ANALYSIS WITH APRIORI ALGORITHM USING ASSOCIATION RULE FOR HEAVY EQUIPMENT SPARE PART SALES AT CV. SENTOSA SUKSES ABADI. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
H13115313_skripsi_04-02-2022 cover.png

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
H13115313_skripsi_04-02-2022 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
H13115313_skripsi_04-02-2022 dp.pdf

Download (909kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
H13115313_skripsi_04-02-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Seiring dengan semakin tingginya penggunaan alat berat maka semakin tinggi pula permintaan terhadap spare part-nya. Dari data CV. Sentosa Sukses Abadi selama ini hanya berfungsi sebagai arsip bagi perusahaan. Oleh karena itu, untuk menghadapi persaingan dalam pemasaran guna menghasilkan peningkatan pendapatan maka penelitian ini melakukan market basket analysis terhadap data transaksi. Algoritma Apriori termasuk jenis aturan asosiasi pada data mining yang bertujuan untuk menemukan frequent itemset dengan menggunakan teknik association rule yang memenuhi syarat minimum untuk nilai support dan confidence. Lift Ratio digunakan sebagai penentu apakah association rule yang terbentuk valid atau tidak. Dari 738 data transaksi terdapat 4 pola asosiasi yang memenuhi syarat, salah satunya adalah jika konsumen membeli produk dengan kode item ZZ_00584 maka akan membeli produk dengan kode item ZZ_00525 dengan nilai confidence tertinggi = 0,739 dan lift ratio = 17,598, sehingga membantu pihak terkait dalam mengambil keputusan untuk menentukan strategi pemasaran produk yang akan dijual terhadap pola pembelian.
Keywords : Data Mining, Algoritma Apriori, Association Rule, Support, Confidence, Lift Ratio

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 10 Feb 2022 07:22
Last Modified: 10 Feb 2022 07:22
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13159

Actions (login required)

View Item
View Item