ESTIMASI SEBARAN CADANGAN KARBON PADA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT (Elaeis guinensis Jacq) MELALUI CITRA DRONE


Randa, Golindira (2022) ESTIMASI SEBARAN CADANGAN KARBON PADA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT (Elaeis guinensis Jacq) MELALUI CITRA DRONE. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G012191002_tesis cover.png

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G11116525_skripsi 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G012191002_tesis dp.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G012191002_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

GOLINDIRA RANDA. Estimasi Sebaran Cadangan Karbon pada Perkebunan Kelapa Sawit (Elaeis guinensis Jacq.) melalui Citra Drone. Dibimbing oleh RAFIUDDIN dan KAIMUDDIN.

Pertumbuhan perkebunan kelapa sawit yang terus berkembang dan meluas menimbulkan potensi isu global sebagai salah satu penyebab terjadinya perubahan iklim akibat dari peningkatan emisi CO2 di atmosfer yang menghasilkan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) yang tinggi. Pembukaan perkebunan kelapa sawit pada skala yang besar akan mempengaruhi cadangan karbon yang tersimpan disekitar lingkungan perkebunan kelapa sawit yang masih dalam kondisi yang alami.
Penelitian ini bertujuan : (1) Mengestimasi sebaran cadangan karbon dan serapan CO2 pada perkebunan kelapa sawit (2) Memperoleh informasi mengenai sebaran cadangan karbon dan serapan CO2 melalui penggunaan drone pada perkebunan kelapa sawit (3) Menjelaskan bahwa keberadaan perkebunan kelapa sawit berperan dalam mengurangi tingkat CO2 di lingkungan.
Penelitian ini dilaksanakan pada perkebunan kelapa sawit PT. Unggul Widya Teknologi Lestari Divisi Baras II Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan dua tahap, yaitu : (1) Pengumpulan data sebaran kelapa sawit dengan menggunakan teknologi drone. (2) Pengumpulan data lapangan pada kelapa sawit dan tumbuhan di atas permukan tanah dan melakukan analisis laboratorium. Metode non destruktif dengan persamaan alometrik digunakan untuk menghitung biomasa kelapa sawit dan tumbuhan di atas permukaan tanah.
Perhitungan kandungan karbon yang tersimpan dan potensi serapan CO2¬-eq selain dilakukan berdasarkan umur tanaman kelapa sawit juga dihitung berdasarkan luas blok tahun tanam (umur tanaman kelapa sawit) untuk mengetahui sebaran cadangan karbon yang tersimpan dan serapan CO2-eq secara keseluruhan. Kandungan karbon yang tersimpan terbesar pada umur tanaman 15 tahun (tahun tanam 2005) sebesar 60.002,5 ton dan potensi serapan CO2-eq sebesar 220.009 ton. Kandungan karbon terkecil pada kelapa sawit yang berumur 3 tahun (tahun tanam 2017) dengan cadangan karbon yang tersimpan sebesar 8.428,8 ton dan serapan CO2-eq sebesar 30.919,7 ton.
Sebaran cadangan karbon dan potensi serapan CO2-eq dalam menunjang produktivitas kelapa sawit dan menentukan besarnya kapasitas oksigen yang dihasilkan dipengaruhi oleh umur tanaman, pola tanam, jarak tanam serta luas areal tanam. Kondisi tersebut membuat kelapa sawit memberikan potensi yang besar bagi lingkungan dalam mengurangi emisi CO2 yang menyebabkan Gas Rumah Kaca (GRK).

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kelapa sawit, Cadangan Karbon, Drone
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agroteknologi
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 10 Feb 2022 06:52
Last Modified: 10 Feb 2022 06:52
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13138

Actions (login required)

View Item
View Item