Pengaruh Personal Coaching terhadap Peningkatan Pengetahuan, sikap dan Tindakan Tentang Gizi Laktasi, involusio Uteri dan Lochea pada Ibu Nifas


Eviasty, Nurjana (2022) Pengaruh Personal Coaching terhadap Peningkatan Pengetahuan, sikap dan Tindakan Tentang Gizi Laktasi, involusio Uteri dan Lochea pada Ibu Nifas. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
P102181059_tesis_31-01-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P102181059_tesis_31-01-2022 cover.png

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of Daftra Pustaka] Text (Daftra Pustaka)
P102181059_tesis_31-01-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P102181059_tesis_31-01-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

NURJANA EVIASTY, Pengaruh Personal Coaching terhadap Pengetahuan, Sikap dan Tindakan tentang gizi laktasi, involusio uteri dan lochea pada Ibu Nifas, ( dibimbing oleh Nurpudji Astuti Daud dan Healthy Hidayanty)
Latar Belakang: Masa Nifas merupakan periode dimana terdapat perubahan pada kondisi reproduksi pasca melahirkan. Pada masa nifas, ibu akan mengalami banyak perubahan baik secara fisik maupun fisiologis dan jika proses fisiologis ini tidak berjalan normal dapat menyebabkan komplikasi pada masa nifas seperti sub involusi uteri, pembengkakan payudara hingga terjadi mastitis, pemanjangan periode pengeluaran lochea yang jika tidak tertangani dengan cepat dan tepat dapat berujung pada kematian ibu. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui efek edukasi personal coaching tentang gizi laktasi, involusi uteri, dan lochea terhadap pengetahuan, sikap dan tindakan ibu nifas antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol di wilayah kerja RSIA Bahagia Makassar dan RSIA Ananda Makassar.
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan Quasy eksperiment dengan rancangan pre-post test with control design, yang melibatkan dua kelompok ibu nifas yaitu masing-masing 43 responden pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Pemilihan sampel berdasarkan purposive sampling. Penelitian dilaksanakan di wilayah kerja RSIA Bahagia kota Makassar dan RSIA Ananda kota Makassar pada bulan Maret s/d April Tahun 2020. Intervensi berupa personal coaching diberikan 2 kali yaitu satu kali pada trimester terakhir dan satu kali setelah melahirkan pada hari kedua masing-masing 60 menit pada setiap pemberian edukasi. Kelompok kontrol diberikan penyuluhan oleh bidan sesuai intruksi peneliti. Data dianalisis menggunakan Uji Wilcoxon, Uji Mann Whitney dan Chi Square.
Hasil: Terdapat perbedaan yang signifikan pada peningkatan pengetahuan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol dengan nilai p=0.000. Terdapat perbedaan yang signifikan pada sikap responden antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol dengan nilai p=0.000. Terdapat perbedaan yang signifikan pada konsumsi protein yang terjadi antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol dengan nilai p=0.002. Terdapat perbedaan yang signifikan pada peningkatan konsumsi VIT A yang terjadi antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol dengan nilai p=0.001. Terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol dengan nilai p=0.036.
Kesimpulan: Terdapat peningkatan pengetahuan, sikap dan tindakan yaitu tindakan konsumsi protein, tindakan konsumsi VIT A dan tindakan konsumsi VIT C pada ibu Nifas yang berada di wilayah kerja RSIA Bahagia kota Makassar dan RSIA Ananda kota Makassar.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Edukasi, Personal Coaching, Gizi, Ibu Nifas
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 10 Feb 2022 06:52
Last Modified: 10 Feb 2022 06:52
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13136

Actions (login required)

View Item
View Item