Perubahan Konsep Keluarga (Ie) Pada Novel Botchan (坊ちゃん) Karya Natsume Souseki (夏目漱石) (Tinjauan Sosiologi Sastra) = Changes of Family Concept (Ie) in Botchan (坊 ち ゃ ん) Novel by Natsume Souseki (夏目漱石): A Review of Literary Sociology


Diahmufri, Rofif (2022) Perubahan Konsep Keluarga (Ie) Pada Novel Botchan (坊ちゃん) Karya Natsume Souseki (夏目漱石) (Tinjauan Sosiologi Sastra) = Changes of Family Concept (Ie) in Botchan (坊 ち ゃ ん) Novel by Natsume Souseki (夏目漱石): A Review of Literary Sociology. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F91116515_skripsi cover.png

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F91116515_skripsi 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F91116515_skripsi dp.pdf

Download (781kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F91116515_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ROFIF DIAHMUFRI, Perubahan Konsep Keluarga (Ie) Pada Novel Botchan (坊ちゃん) Karya Natsume Souseki (夏目漱石): Suatu Tinjauan Sosiologi Sastra, dibimbing oleh Dra. Muslimat, M.Hum. dan Yunita El Risman, S.S., M.A.
Penelitian ini bertujuan mengungkapkan gambaran perubahan konsep keluarga (Ie) pada novel Botchan (坊ちゃん) dan kaitannya dengan realitas pada masyarakat Jepang.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori sosiologi sastra. Teori ini digunakan untuk mengungkapkan perubahan konsep keluarga (Ie) pada novel Botchan (坊ちゃん) dan kaitannya dengan realitas masyarakat. Metode yang digunakan adalah deskriptif, komparasi, dan juga pustaka dalam mengumpulkan data-data yang diperlukan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya perubahan konsep keluarga yang ada pada novel Botchan (坊ちゃん). Perubahan konsep tersebut tejadi dalam tiga aspek, yaitu jumlah anggota keluarga, pembagian harta warisan, dan pola asuh anak. Perubahan konsep keluarga yang terdapat dalam novel tersebut memiliki relevansi dengan keadaan masyarakat Jepang baik pada saat novel tersebut ditulis maupun saat ini.
Keywords : Novel Botchan, Konsep Keluarga (Ie), Sosiologi Sastra, Jumlah Anggota Keluarga, Pembagian Harta Warisan, Pola Asuh Anak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 07 Feb 2022 07:35
Last Modified: 07 Feb 2022 07:35
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13123

Actions (login required)

View Item
View Item