Pencegahan dan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Kebakaran pada RSIA Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah Cabang Makassar Tahun 2021


Salsabila, Nur Mahdiyah (2022) Pencegahan dan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Kebakaran pada RSIA Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah Cabang Makassar Tahun 2021. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K011171541_skripsi cover1.jpg

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K011171541_skripsi bab 1-2.pdf

Download (801kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K011171541_skripsi dapus.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
K011171541_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Rumah sakit adalah salah satu bangunan yang tidak terlepas dari kemungkinan bahaya kebakaran. Dimana sebagian besar penghuni rumah sakit adalah pasien yang tengah menjalani perawatan yang dalam kondisi tidak mampu secara fisik, sehingga memerlukan bantuan dalam evakuasi jika terjadi suatu bencana kebakaran. Kemampuan pencegahan dan kesiapsiagaan menghadapi kebakaran harus dipahami oleh setiap pekerja atau karyawan di rumah sakit karena keselamatan jiwa harus menjadi prioritas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap, tindakan, dan pelatihan dengan kemampuan pencegahan dan kesiapsiagaan penanggulangan bencana kebakaran di RSIA Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah Cabang Makassar Tahun 2021. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian observasional dan menggunakan pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan yang bekerja di RSIA Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah Cabang Makassar. Sampel penelitian ini adalah 77 orang yang bekerja di RSIA Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah Cabang Makassar. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Data dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji likelihood sebagai uji alternative chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara pengetahuan karyawan dengan kemampuan pencegahan dan kesiapsiagaan penanggulangan kebakaran (p=0.507), tidak ada hubungan antara sikap karyawan dengan kemampuan pencegahan dan kesiapsiagaan penanggulangan kebakaran (p=0.053), ada hubungan antara tindakan karyawan dengan kemampuan pencegahan dan kesiapsiagaan penanggulangan kebakaran (p=0.001), dan ada hubungan antara pelatihan karyawan dengan kemampuan pencegahan dan kesiapsiagaan penanggulangan kebakaran (p=0.000). Peneliti menyarankan agar pihak (pimpinan) RSIA Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah Cabang Makassar diharapkan lebih memperhatikan aspek K3RS dan senantiasa memberikan penyuluhan tentang bahaya kebakaran, upaya pencegahan dan kesiapsiagaan bagi para karyawan, dimana melalui penyuluhan tersebut diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan serta kesadaran karyawan mengenai bahaya kebakaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Dr. Iskandar Iskandar
Date Deposited: 07 Feb 2022 04:44
Last Modified: 07 Feb 2022 04:44
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13096

Actions (login required)

View Item
View Item