Risal, Muh. (2022) PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM), BUDAYA PERUSAHAAN, DAN TEKNOLOGI INFORMASI (IT) TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN VARIABEL MEDIASI MANAJEMEN PROSES BISNIS (BPM) PADA PT PLN (PERSERO) UP3 PALOPO = THE EFFECT OF TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM), CORPORATE CULTURE, AND INFORMATION TECHNOLOGY (IT) ON CORPORATE PERFORMANCE WITH BUSINESS PROCESS MANAGEMENT (BPM) AS MEDIATION VARIABLE AT PT PLN (PERSERO) UP3 PALOPO. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
A012201071_tesis_28-01-2022 cover.png
Download (191kB) | Preview
A012201071_tesis_28-01-2022 1-2.pdf
Download (3MB)
A012201071_tesis_28-01-2022 dp.pdf
Download (240kB)
A012201071_tesis_28-01-2022.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract (Abstrak)
ABSTRAK
MUH.RISAL. Pengaruh Total Quality Management (Tqm), Budaya Perusahaan, dan Teknologi Informasi (It) terhadap Kinerja Perusahaan dengan Variabel Mediasi Manajemen Proses Bisnis (BPM) pada PT PLN (Persero) UP3 Palopo (dibimbing oleh Musran Munizu dan Andi Aswan)
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah secara empiris pengaruh langsung dan tidak langsung total quality management, budaya perusahaan, dan teknologi informasi terhadap kinerja perusahaan dengan variabel mediasi manajemen proses bisnis. Penelitian ini dilaksanakan di PT PLN (Persero) UP3 Palopo dengan mengambil sampel sebanyak 96 responden.
Pengambilan sampel menggunakan metode proportionate random sampling. Pengumpulan data primer menggunakan metode survey menggunakan kuesioner. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode analisis jalur (path analysis).
Hasil penelitian menyimpulkan, peningkatan TQM berdampak terhadap peningkatan BPM, budaya perusahaan tidak berpengaruh terhadap BPM, peningkatan IT berdampak terhadap peningkatan BPM, peningkatan TQM berdampak terhadap peningkatan kinerja perusahaan, peningkatan budaya perusahaan berdampak terhadap peningkatan kinerja perusahaan, IT tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan, peningkatan BPM berdampak terhadap peningkatan kinerja perusahaan, TQM dapat meningkatkan kinerja perusahaan melalui peningkatan BPM, tidak terdapat pengaruh tidak langsung budaya perusahaan terhadap kinerja perusahaan melalui BPM, dan tidak terdapat pengaruh tidak langsung IT terhadap kinerja perusahaan melalui BPM.
Kata kunci : total quality management, budaya perusahaan, teknologi informasi, manajemen proses bisnis, kinerja perusahaan
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 07 Feb 2022 05:23 |
Last Modified: | 07 Feb 2022 05:23 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13091 |