TINJAUAN HUKUM INTERNASIONAL TERHADAP KONFLIK BATAS MARITIM ZONA EKONOMI EKSKLUSIF (ZEE) ANTARA INDONESIA DAN VIETNAM = REVIEW OF INTERNATIONAL LAW ON THE EXCLUSIVE ECONOMIC ZONE MARITIME Boundary Conflict (EEZ) BETWEEN INDONESIA AND VIETNAM


Dewi, Novita (2022) TINJAUAN HUKUM INTERNASIONAL TERHADAP KONFLIK BATAS MARITIM ZONA EKONOMI EKSKLUSIF (ZEE) ANTARA INDONESIA DAN VIETNAM = REVIEW OF INTERNATIONAL LAW ON THE EXCLUSIVE ECONOMIC ZONE MARITIME Boundary Conflict (EEZ) BETWEEN INDONESIA AND VIETNAM. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B11116570_skripsi cover.png

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B11116570_skripsi 1-2.pdf

Download (797kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B11116570_skripsi dp.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B11116570_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Novita Dewi (B111 16 570), dengan judul Tinjauan Hukum Internasional Terhadap Konflik Batas Maritim Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) Antara Indone dan Vietnam. Dibimbing oleh Marcel Hendrapati , selaku Pembimbing I dan Marthen Napang, selaku Pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) Untuk mengetahui latar belakang terjadinya konflik batas maritim zona ekonomi ekslusif (ZEE) antara Indonesia dan Vietnam dan (ii) bagaimana penyelesaian sengketa batas maritim ZEE antara Indonesia dan Vietnam menurut hukum Internasional.

Metode yang digunakan penulis dalam pengumpulan data adalah metode normarif dengan menggunakan bahan hukum utama dengan cara menelaah teori-teori, konsep-konsep, asas-asas hukum serta peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan penelitian ini. Bahan hukum yang diperoleh atau dikumpulkan dalam penelitian ini bersifat kualitatif. Bahan hukum yang diperoleh akan diolah dengan cara menganalisis data setelah data terkumpul dan dirasa cukup, yaitu berdasarkan basis pengetahuan yang kemudian akan diuraikan untuk dapat menjawab permasalahan yang penulis teliti.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) latas belakang terjadinya konflik batas maritime zona ekonomi ekslusif sejatinya diawali oleh kliam secara sepihak oleh Vietnam terkait batas maritim antara kedua negara padahal Vietnam sendiri menurut UNCLOS bukanlah merupakan negara kepualuan (ii) dalam penyelesaian sengketa batas maritime zona ekonomi eksklusif sebaiknya menggunakan metode penyelesaian sengketa dikarenakan dengan metode tersebutlah kedua negara akan memperoleh keuntungan atau dengan kata lain metode tersebut menghasilkan win win solution.

Kata kunci : ZEE, UNCLOS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 07 Feb 2022 06:55
Last Modified: 07 Feb 2022 06:55
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12996

Actions (login required)

View Item
View Item