Penerapan Sanksi Hukum Administrasi Terhadap Penyelenggaraan Pasar Tradisional Tanpa Lahan Parkir Di Kota Makassar = Application of Administrative Law Sanctions Against the Implementation of Traditional Markets without Parking Land in Makassar City


Masseleng, Karunia Meiliana (2022) Penerapan Sanksi Hukum Administrasi Terhadap Penyelenggaraan Pasar Tradisional Tanpa Lahan Parkir Di Kota Makassar = Application of Administrative Law Sanctions Against the Implementation of Traditional Markets without Parking Land in Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B11116560_skripsi cover.png

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B11116560_skripsi 1-2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B11116560_skripsi dp.pdf

Download (635kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B11116560_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

KARUNIA MEILIANA MASSELENG (B11116560) dengan Judul Penerapan Sanksi Hukum Administrasi Terhadap Penyelenggaraan Pasar Tradisional Tanpa Lahan Parkir Di Kota Makassar. Di bawah bimbingan (Marthen Arie) sebagai Pembimbing I dan (Eka Merdekawati Djafar) sebagai Pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk sanksi administrasi yang diterapkan Pemerintah Kota Makassar terhadap penyelenggaraan pasar tradisional tanpa lahan parkir serta untuk mengetahui penegakan hukum yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Makassar terhadap penyelenggaraan pasar tradisional tanpa lahan parkir.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian normatif empiris. Adapun data diperoleh melalui penelitian yang dilakukan di PD Pasar Makassar Raya dengan sumber data berupa data primer dan data sekunder yang dikumpulkan melalui pengamatan langsung, wawancara dan dokumentasi dan kemudian di analisis secara kualitatif.

Adapun hasil penelitian ini, yaitu: 1. Bentuk-bentuk sanksi administrasi yang diterapkan Pemerintah Kota Makassar terhadap penyelenggaraan pasar tradisional tanpa lahan parkir tidak tertera secara tertulis pada peraturan-peraturan daerah yang berlaku di Kota Makassar mengenai pengelolaan pasar tradisional. Namun Pihak PD. Pasar Makassar Raya sebagai badan pengelola pasar tradisional yang ada di Kota Makassar tetap menindaklanjuti bagi pasar yang menyalahi aturan dengan memberikan sebuah sanksi administrasi berupa teguran, dan 2. Penegakan hukum yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Makassar terhadap penyelenggaraan pasar tradisional tanpa lahan parkir yaitu menerapkan sanksi administrasi ringan berupa teguran lisan dan teguran tulisan. Dalam pelaksanaannya Pemerintah Kota Makassar sebagai pemegang wewenang dalam pemberian sanksi memberikan sanksi administrasi berupa teguran langsung kepada PD. Pasar Makassar Raya sebagai penanggung jawab atas pengelolaan pasar tradisional di Makassar dan PD. Pasar langsung berkoordinasi dengan kepala unit pasar terkait.

Kata kunci : pasar tradisional, lahan parkir

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 07 Feb 2022 06:56
Last Modified: 07 Feb 2022 06:56
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12991

Actions (login required)

View Item
View Item