ANALISIS HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA PEREDARAN NARKOTIKA GOLONGAN I JENIS TANAMAN GANJA = Legal Analysis of Narcotics Trafficking Crimes Type I Cannabis Plants


Wardi, Wardi (2022) ANALISIS HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA PEREDARAN NARKOTIKA GOLONGAN I JENIS TANAMAN GANJA = Legal Analysis of Narcotics Trafficking Crimes Type I Cannabis Plants. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B11116528_skripsi cover.png

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B11116528_skripsi 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B11116528_skripsi dp.pdf

Download (570kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B11116528_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

WARDI (B111 16 528), Analisis Hukum Terhadap Tindak Pidana Peredaran Narkotika Golongan I Jenis Tanaman Ganja, dibimbing oleh Abd. Asis sebagai Pembimbing I dan Hijrah Adhyanti Mirzana sebagai Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualifikasi tanaman ganja masuk ke dalam narkotika golongan I menurut UURI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, serta untuk mengetahui implikasi hukum terhadap peredaran hemp seed oil pada situs jual beli secara daring (online).
Penelitian ini merupakan penelitian empiris dengan memilih lokasi penelitian di Kota Makassar. Adapun instansi yang menjadi lokasi penelitian yaitu di Kepolisian Resort Kota Besar Makassar dan Badan Narkotika Nasional Provinsi Sulawesi Selatan (BNNP SULSEL). Pada penelitian ini digunakan pengumpulan data dengan melakukan studi kepustakaan serta melalui kegiatan wawancara secara langsung dengan narasumber di Kepolisian Resort Kota Besar Makassar dan Badan Narkotika Nasional Provinsi Sulawesi Selatan (BNNP SULSEL). Setelah semua data telah diperoleh dan dikumpulkan, kemudian data tersebut dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kualifikasi tanaman ganja kedalam narkotika golongan I didasarkan pada adanya kandungan zat Tetrahydrocannabinol atau THC tinggi yang dapat membuat seseorang merasakan halusinasi dan euforia yang berkepanjangan. Namun, salah satu varietas pada tanaman ganja yakni hemp atau ganja industri justru memiliki kandungan THC sangat rendah sehingga hal ini tidak dapat menimbulkan dampak buruk yang signifikan; dan 2) implikasi hukum terhadap peredaran hemp seed oil pada situs jual beli online saat ini tidak dapat diproses secara hukum karena kandungan zatnya belum terdapat dalam Lampiran Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020 tentang Perubahan Penggolongan Narkotika.
Keywords : Peredaran Narkotika, Tanaman Ganja, Hemp Seed Oil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 07 Feb 2022 06:58
Last Modified: 07 Feb 2022 06:58
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12979

Actions (login required)

View Item
View Item