Eksplorasi Kepuasan dan Kepercayaan Terhadap Pengobatan Gigi Tradisional di Masyarakat Desa Simau Kecamatan Galela Kabupaten halmahera Utara Mauku Utara tahun 2021 = Exploration Of Satisfaction And Trust In Traditional Dental Treatment In Simau Village Community, Galela District, North Halmahera Regency, North Maluku In 2021


Djunaidi, Sri Mulyani (2022) Eksplorasi Kepuasan dan Kepercayaan Terhadap Pengobatan Gigi Tradisional di Masyarakat Desa Simau Kecamatan Galela Kabupaten halmahera Utara Mauku Utara tahun 2021 = Exploration Of Satisfaction And Trust In Traditional Dental Treatment In Simau Village Community, Galela District, North Halmahera Regency, North Maluku In 2021. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
J011181354_skripsi_25-11-20211.png cover.png

Download (360kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
J011181354_skripsi_25-11-2021.pdf 1-2.pdf

Download (10MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
J011181354_skripsi_25-11-2021.pdf dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
J011181354_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang : Kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia masih menjadi hal yang perlu mendapatkan perhatian serius dari tenaga kesehatan, baik dokter maupun perawat gigi. Kesehatan gigi merupakan hal yang penting dalam kehidupan manusia, karena gigi diperlukan dalam proses pengunyahan, artikulasi dan juga memengaruhi penampilan individu. Kerusakan gigi dapat menyebabkan sakit dan gangguan mengunyah sehingga memengaruhi kesehatan bagian tubuh lainnya. Dalam memilih jenis pengobatannya, masyarakat Indonesia masing-masing memiliki pertimbangan. Pertimbangan dalam memilih pengobatan ditentukan oleh motif dan kepercayaan individu, tanpa memedulikan motif dan kepercayaan tersebut sesuai atau tidak dengan realitas atau pandangan orang lain. Sebagian dari masyarakat memilih berobat melalui pendekatan medis dan sebagaian lainnya melakukan pengobatan melalui pendekatan alternatif atau tradisonal. Tujuan: Untuk mengetahui gambaran dari prosedur pengobatan gigi tradisional serta tingkat kepuasan dan kepercayaan terhadap pengobatan gigi tradisonal di masyarakat Desa Simau, Kecamatan Galela kabupaten Halmahera Utara Maluku Utara. Metode: Kualitatif dan kuantitatif (mix methods) dengan rancangan sekuensial eksploratoris. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Kesimpulan: Gambaran dan Tingkat kepuasan serta kepercayaan pada pengobatan gigi tradisional juga memiliki hubungan satu sama lain sehingga bisa saling mempengaruhi. Semakin puas pasien dengan hasil yang diperoleh setelah perawatan, maka akan membuat pasien semakin sering untuk datang kembali berobat dan jika semakin percaya seseorang pada pengobatan tersebut maka akan membantu mempercepat penyembuhan serta sebaliknya.
Kata Kunci : Pengobatan Gigi Tradisional, Gambaran Pengobatan, Kepuasan dan Kepercayaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 Jan 2022 08:02
Last Modified: 27 Jan 2022 08:02
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12889

Actions (login required)

View Item
View Item