PENILAIAN KINERJA RUMAH SAKIT DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ABDOEL WAHAB SJAHRANIE SAMARINDA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR


Kurianto, Agung Dwi (2022) PENILAIAN KINERJA RUMAH SAKIT DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ABDOEL WAHAB SJAHRANIE SAMARINDA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
K012171182_tesis_15-11-2021 COVER1.png

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
K012171182_tesis_15-11-2021 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
K012171182_tesis_15-11-2021 DP.pdf

Download (398kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
K012171182_tesis_15-11-2021.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Rumah sakit merupakan suatu bagian penting dari sistem
kesehatan yang menghadirkan pelayanan yang kompleks dan vital. Oleh karena itu, manajemen kinerja rumah sakit harus mendapatkan perhatian secara khusus. Model pendekatan BSC merupakan hal yang sangat membantu dan populer untuk penilaian kinerja. Dalam menggunakan BSC, hubungan sebab dan akibat sangat penting, karena membantu dalam menerapkan penilaian non-keuangan untuk meramalkan kinerja keuangan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif untuk mengukur kinerja rumah sakit berdasarkan pendekatan Balanced Scorecard (BSC) dan Fuzzy Analytical Network Process (FANP). Data yang digunakan data primer dan data sekunder yang diolah dengan pendekatan BSC dan FANP.
Penilaian kinerja rumah sakit dengan menggunakan metode
pendekatan BSC memperoleh total nilai kinerja 240 yang bermakna
bahwa rumah sakit memiliki kinerja sedang. Dari keempat perspektif yang dinilai yaitu perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, perspektif bisnis internal, dan perspektif pelanggan serta perspektif finansial, diperoleh nilai
kinerja dari setiap perspektif masuk dalam kategori kinerja sedang.
kunjungan pasien. Sasaran strategis dari perspektif proses bisnis internal; inovasi layanan, meningkatkan kualitas proses layanan, meningkatkan kinerja operasional. Sasaran strategis dan dari perspektif keuangan; pertumbuhan pendapatan dan minimalisasi biaya. Sasaran pembelajaran strategis dan perspektif pertumbuhan; meningkatkan kepuasan karyawan, keterlibatan, motivasi dan kemampuan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 03 Feb 2022 02:32
Last Modified: 03 Feb 2022 02:32
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12838

Actions (login required)

View Item
View Item