Dampak Program SERASI (Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani) Terhadap Aktivitas On Farm dan Off Farm Usahatani Padi Rawa di Sekitar Danau Sidenreng. (Studi Kasus Kelurahan Sidenreng, Kecamatan Watang Sidenreng, Kabupaten Sidrap)


Sudarni, Sudarni (2022) Dampak Program SERASI (Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani) Terhadap Aktivitas On Farm dan Off Farm Usahatani Padi Rawa di Sekitar Danau Sidenreng. (Studi Kasus Kelurahan Sidenreng, Kecamatan Watang Sidenreng, Kabupaten Sidrap). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G21116001_skripsi_25-11-20211.png cover.png

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G21116001_skripsi_25-11-2021.pdf 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G21116001_skripsi_25-11-2021.pdf dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G21116001_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
DAMPAK PROGRAM SERASI (SERAMATKAN RAWA SEJAHTERAKAN PETANI) TERHADAP AKTIVITAS ON FARM DAN OFF FARM USAHATANI
PADI RAWA DI SEKITAR DANAU SIDENRENG
Studi Kasus Kelurahan Sidenreng, Kecamatan Watang Sidenreng, Kabupaten Sidrap

Sudarni*, M. Saleh. S. Ali, Darwis Ali, Eymal B. Demmallino, Mahyuddin
Program Studi Agribisnis, Departemen Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Hasanuddin, Makassar.
*Kontak penulis: sudarninurdin11@gmail.com

Program SERASI bertujuan untuk meningkatkan produksi dan kesejahteraan petani dengan tetap memperhatikan fungsi pelestarian lingkungan dengan sasaran peningkatan indeks pertanaman dan produktivitas pertanaman padi di lahan rawa pasang surut/lebak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan pencapaian program SERASI di Kelurahan Sidenreng, Kecamatan Watang Sidenreng, Kabupaten Sidrap, mendeskripsikan profil on farm dan off farm usahatani padi rawa sebelum dan sesudah adanya program SERASI di Kelurahan Sidenreng, Kecamatan Watang Sidenreng, Kabupaten Sidrap, dan menganalisis dampak program SERASI terhadap aktivitas on farm dan off farm usahatani padi rawa di Kelurahan Sidenreng, Kecamatan Watang Sidenreng, Kabupaten Sidrap. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket atau kuesioner, observasi, wawancara, dokumentasi, dan Focus Group Discussion (FGD). Jumlah sampel atau responden dalam penelitian ini yaitu 78 orang dengan menggunakan metode Simple Random Sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian (before-after design). Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa: Kegiatan utama dalam tahap pelaksanaan Program SERASI yaitu: SID, penataan lahan, penataan sistim tata air dan bantuan alsintan. Pencapaian program SERASI dapat dilihat pada keberhasilan petani mencapai rata-rata produksi 5.669 kg/ha yang sebelumnya hanya mencapai rata-rata produksi 3.810 kg/ha.. Program SERASI mengubah profil on farm usahatani padi rawa dalam hal penggunaan sarana produksi, pendapatan, harga, produksi, dan produktivitas. Selain itu, program SERASI juga mengubah profil off farm usahatani padi rawa dalam hal kondisi sarana penunjang irigasi yakni adanya perbaikan infrastruktur irigasi oleh SERASI. Program SERASI memberikan dampak positif terhadap aktivitas on farm yaitu pada penggunaan sarana produksi, penggunaan modal, harga jual, produktivitas dan pendapatan. Untuk aktivitas off farm, Program SERASI tidak berdampak nyata terhadap partisipasi petani dalam berkerjasama membangun usahataninya. Namun Program SERASI memberikan dampak positif terhadap aktivitas off farm untuk kondisi sarana penunjang berupa sistem irigasi.
Kata Kunci: Program SERASI, Aktivitas On Farm dan Off Farm, Usahatani Padi Rawa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Program SERASI, Aktivitas On Farm dan Off Farm, Usahatani Padi Rawa.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 26 Jan 2022 06:47
Last Modified: 26 Jan 2022 06:47
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12756

Actions (login required)

View Item
View Item