PENGARUH BUBUK KAYU MANIS (cinnamon zeylanicum) TERHADAP PENURUNAN KADAR GLUKOSA DARAH PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE ii DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TIBAWA KABUPATEN GORONTALO = The Effect of Cinnamon Powder (Cinnamon Zeylanicum) on Reducing Blood Glucose Levels in Patients with Type II Diabetes Mellitus in the Coverage Area of Puskesmas Tibawa, Gorontalo Regency


Djafar, Ilham (2022) PENGARUH BUBUK KAYU MANIS (cinnamon zeylanicum) TERHADAP PENURUNAN KADAR GLUKOSA DARAH PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE ii DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TIBAWA KABUPATEN GORONTALO = The Effect of Cinnamon Powder (Cinnamon Zeylanicum) on Reducing Blood Glucose Levels in Patients with Type II Diabetes Mellitus in the Coverage Area of Puskesmas Tibawa, Gorontalo Regency. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K012191055_tesis1.png cover.png

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K012191055_tesis.pdf 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K012191055_tesis.pdf dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K012191055_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ILHAM DJAFAR. Pengaruh Bubuk Kayu Manis (Cinnamon Zeylanicum) Terhadap Penurunan Kadar Glukosa Darah Pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe ii di Wilayah Kerja Puskemas Tibawa Kabupaten Gorontalo. (Dibimbing oleh Nur Nasry Noor dan Ridwan Amiruddin).
Diabetes melitus apabila tidak tertangani secara benar, maka dapat mengakibatkan berbagai macam komplikasi. Salah satu terapi yang cukup efektif adalah terapi obat herbal dikarenakan terapi obat herbal memiliki efek samping yang rendah dan mudah diakses oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian kayu manis terhadap kadar glukosa darah puasa pasien diabetes mellitus tipe II.
Desain penelitian ini adalah quasi experiment dengan pretest posttest with control group. Sampel berjumlah 32 orang dari dari 183 pasien diabetes mellitus di wilayah kerja puskesmas tibawa. Penelitian ini menggunakan uji sampel berpasangan untuk mengetahui besar perubahan dari masing-masing kelompok dan uji sampel tidak berpasangan untuk mengetahui besar perbedaan antara kedua kelompok.
Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaaan yang signifikan kadar glukosa darah puasa pada kedua kelompok sebelum dan sesudah intervensi kayu manis (p=0,832), namun ada penurunan kadar GDP yang signifikan pada kelompok kasus (p=0,000) dan kelompok control (p=0,006). Konsumsi kayu manis dengan dosis 6 gram selama 14 hari mampu menurunkan kadar glukosa darah puasa. Disarankan agar dapat mengkonsumsi kayu manis untuk menurunkan kadar glukosa darah pada penderita DM tipe II.
Kata kunci: Manajemen DM, Diabetes Mellitus Tipe II, Glukosa Darah Puasa, Kayu Manis, Cinnamomum Zeylanicum

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Jan 2022 08:07
Last Modified: 25 Jan 2022 08:07
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12709

Actions (login required)

View Item
View Item