ANALISIS PROSES PERENCANAAN TINGKAT PUSKESMAS DI DINAS KESEHATAN KABUPATEN POSO = ANALYSIS OF THE HEALTH CENTER LEVEL PLANNING PROCESS AT THE POSO DISTRICT DEPARTEMEN


Rantum, Heindra Baithard (2021) ANALISIS PROSES PERENCANAAN TINGKAT PUSKESMAS DI DINAS KESEHATAN KABUPATEN POSO = ANALYSIS OF THE HEALTH CENTER LEVEL PLANNING PROCESS AT THE POSO DISTRICT DEPARTEMEN. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K012181139_tesis_02-12-20211.png cover.png

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of Cover] Text (Cover)
K012181139_tesis_02-12-2021.pdf 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K012181139_tesis_02-12-2021.pdf dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K012181139_tesis_02-12-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

HEINDRA BAITHARD RANTUNG. Analisis Proses Perencanaan Tingkat Puskesmas Di Dinas Kesehatan Kabupaten Poso. (Dibimbing oleh Darmawansyah dan Muhammad Asdar)

Perencanaan tingkat puskesmas merupakan salah satu kegiatan yang diperlukan oleh setiap puskesmas dalam mengatasi masalah yang dihadapi di setiap daerah. Untuk mengakomodir kebutuhan guna meningkatkan kemampuan dan cakupan pelayanan kesehatan secara terpadu dan terintegrasi dengan permasalahan yang ada dilingkungan kerja Puskesmas (Permenkes No.75, 2014).

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menganalisis proses perencanaan Tingkat Puskesmas di Dinas Kesehatan Kabupaten Poso. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif dan Unit analisis dari pelaksanaan penelitian ini dilakukan terhadap 2 (dua) Puskesmas di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Poso. Sedangkan untuk informan penelitian adalah pegawai/staf puskesmas terkait dan informan kunci adalah Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Poso sebagai pemeriksaan keabsahan data secara triangulasi.

Hasil penelitian berdasarkan tahap persiapan telah terbentuk tim penyusun perencanaan oleh Kepala Puskesmas, pada tahap analisis situasi proses analisa masalah melalui Survey Mawas Diri (SMD), tahap perumusan masalah menggunakan metode USG (Urgency Seriousness Growth), metode dalam menentukan akar penyebab masalah yaitu diagram ishikawa atau diagram tulang ikan dan metode problem tress atau pohon masalah, terakhir tahap Penyusunan RUK (Rencana Usulan Kegiatan) yang disusun di puskesmas tetap mengacu pada kebijakan pemerintah yang berlaku. Saran dalam penelitian ini diharapkan puskesmas di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Poso agar dapat menyusun perencanaan tingkat puskesmas secara optimal, dengan tetap membina peran serta masyarakat dalam meningkatkan derajat kesehatan Masyarakat.
Kata Kunci: Persiapan, Analisis Situasi, Rumusan Masalah Dan Penyusunan RUK

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Jan 2022 07:09
Last Modified: 25 Jan 2022 07:09
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12696

Actions (login required)

View Item
View Item