GAMBARAN KEPATUHAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) PETUGAS IGD DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA MAKASSAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 = Overview of Compliance with the Use of Personal Protective Equipment (PPE) for Emergency Room Officers at Makassar City Hospital during the COVID-19 Pandemic


Nursiah, Nursiah (2021) GAMBARAN KEPATUHAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) PETUGAS IGD DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA MAKASSAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 = Overview of Compliance with the Use of Personal Protective Equipment (PPE) for Emergency Room Officers at Makassar City Hospital during the COVID-19 Pandemic. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K011191231_skripsi1.png cover.png

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K011191231_skripsi.pdf 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K011191231_skripsi.pdf dp.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K011191231_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

NURSIAH . “Gambaran Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) Petugas IGD Di RSUD Kota Makassar pada Masa Pandemi COVID-19”
(xvi + 95 halaman + 16 tabel + 11 gambar + 11 lampiran)
Perilaku keselamatan dan kesehatan kerja petugas kesehatan di rumah sakit sangat penting karena sekecil apapun tindakan petugas kesehatan dapat menimbulkan risiko terhadap petugas kesehatan dan pasien. Tenaga kesehatan seperti dokter dan perawat yang bekerja di rumah sakit terutama di bagian IGD memiliki resiko lebih tinggi tertular penyakit dibanding petugas di bagian lain karena mereka menangani pasien yang belum diketahui riwayat penyakitnya. Ketika menghadapi Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tenaga medis dapat mengantisipasi dengan Cara penggunaan alat pelindung diri yang sesuai serta kontrol teknik dan administratif lainnya.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Responden dipilih dengan menggunakan teknik total sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu 25 responden. Pengambilan data diperoleh dari hasil observasi menggunakan kuesioner penelitian. Analisis penelitian menggunakan analisis deskriptif. Data yang telah diperoleh kemudian disajikan dalam bentuk tabel disertai dengan penjelasan mengenai variabel yang diteliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran kepatuhan penggunaan APD petugas IGD di RSUD Kota Makassar pada masa pandemi Covid-19 yaitu pada kategori patuh sebesar 56% dan tidak patuh 44%. Untuk pengetahuan petugas IGD sebesar 92 % memiliki pengetahuan baik dan 8% memiliki pengetahuan kurang. Untuk sikap petugas IGD yaitu sebesar 88% memiliki sikap baik dan 12 % memiliki sikap buruk. Untuk ketersediaan APD di IGD yaitu sebesar 92 % sudah lengkap dan 8 % tidak lengkap. Untuk pengawasan di IGD yaitu sebesar 44% responden yang menyatakn pengawasan yang dilakukan di IGD baik sedangkan 56 % pengawasan yang dilakukan di IGD masih kurang. Diharapkan manajemen melakukan penyuluhan, menyiapkan APD, mengintensifkan pengawasan APD dan memberikan reward kepada petugas yang patuh dalam penggunaan APD.
Kata Kunci: Pengetahuan, Sikap, Ketersediaan APD, Pengawasan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Jan 2022 04:06
Last Modified: 25 Jan 2022 04:06
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12677

Actions (login required)

View Item
View Item