ANALISIS SALURAN DISTRIBUSI PAKAN AYAM PEDAGING (STUDI KASUS PT. SINAR TERANG MADANI MAKASSAR) = ANALYSIS OF BROKER FEED DISTRIBUTION CHANNELS (CASE STUDY PT. SINAR TERANG MADANI MAKASSAR)


Aswad, Aswad (2021) ANALISIS SALURAN DISTRIBUSI PAKAN AYAM PEDAGING (STUDI KASUS PT. SINAR TERANG MADANI MAKASSAR) = ANALYSIS OF BROKER FEED DISTRIBUTION CHANNELS (CASE STUDY PT. SINAR TERANG MADANI MAKASSAR). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
I011171318_skripsi_24-12-20211.png cover.png

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
I011171318_skripsi_24-12-2021.pdf 1-2.pdf

Download (900kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
I011171318_skripsi_24-12-2021.pdf dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
I011171318_skripsi_24-12-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Dalam mendukung terciptanya usaha peternakan yang menguntungkan. Perlu ditumbuhkan industri pakan ternak yang mampu memasok pakan ternak dengan harga yang layak. Pabrik pakan terus menerus berkembang menuju skala besar sementara populasi ayam pedaging melonjak tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola distribusi, margin pemasaran, keuntungan pemasaran sehingga dapat mengetahui efisiensi pemasaran pakan ayam pedaging di PT. Sinar Terang Madani. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus - September 2021 di perusahaan PT. Sinar Terang Madani. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan snowball sampling. Hasil Penelitian di PT. Sinar Terang Madani terdapat 3 bentuk saluran distribusi pada PT. Sinar Terang Madani yaitu saluran distribusi I PT. Sinar Terang Madani menjual langsung ke konsumen, saluran distribusi II PT. Sinar Terang Madani menjual ke pengecer kemudian konsumen, dan saluran distribusi III PT. Sinar Terang Madani ke agen lalu ke pengecer kemudian konsumen. Saluran distribusi yang memiliki margin tertinggi adalah saluran distribusi III dengan total margin sebesar Rp.53.750/sak dan terendah pada saluran distribusi II sebesar Rp.35.000/sak. Saluran distribusi yang memiliki biaya pemasaran terbesar adalah saluran distribusi III dengan total biaya rata-rata sebesar Rp.3.816/sak dan terkecil pada saluran distribusi II dengan total biaya rata-rata sebesar Rp.1.240/sak. Saluran distribusi yang memiliki keuntungan pemasaran terbesar adalah saluran distribusi III dengan total keuntungan sebesar Rp.46.118/sak dan terkecil pada saluran distribusi II sebesar Rp.33.760/sak. Efisiensi pemasaran pada 3 bentuk saluran distribusi pakan ayam pedaging di PT. Sinar Terang Madani dikatakan efisien karena memperoleh nilai efisiensi diantara 0,2%-0,9%.
Keywords : Saluran Distribusi, Margin, Biaya, Keuntungan, dan Efisiensi Pemasaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Jan 2022 03:17
Last Modified: 25 Jan 2022 03:17
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12671

Actions (login required)

View Item
View Item