Pelayanan Perizinan Usaha Di Kabupaten Sidrap = Business licensing services in sidrap district


Fatiha, Andi Fadel (2021) Pelayanan Perizinan Usaha Di Kabupaten Sidrap = Business licensing services in sidrap district. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E051171306_skripsi_30-11-20211.png cover.png

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E051171306_skripsi_30-11-2021.pdf 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E051171306_skripsi_30-11-2021.pdf dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E051171306_skripsi_30-11-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

ANDI FADEL FATIHA, Nomor Induk Mahasiswa E051171306, Departemen Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin, Menyusun Skripsi dengan judul : “Pelayanan Perizinan Usaha di Kabupaten Sidrap” , dibawah bimbingan Bapak Rahmatullah, S.IP, M.Si dan Ibu Prof. Dr. Nurlinah, M.Si.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pelayanan perizinan usaha di Kabpuaten Sidrap beserta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi layanan izin usaha berbasis Online Single Submission (OSS) pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sidrap.

Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis kualitatif deskriptif, yaitu dimaksudkan untuk eksplorasi dan klarifikasi mengenai suatu fenomena atau kenyataan sosial, dengan jalan mendeskripsikan data dan juga fakta yang berkenaan dengan masalah dan unit yang diteliti. Dalam penelitian ini bertujuan untuk memberikan penggambaran terkait pelayanan perizinan usaha yang berbasis OSS di Kabupaten Sidrap baik itu dari segi faktor pendukungnya dan juga faktor penghambatnya.

Adapun hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa kondisi pelayanan perizinan usaha di Kabupaten Sidrap belum seluruhnya optimal dijalnkan. Bentuk sosialisasi, adaptasi, dan layanan masih dalam tahapan pengembangan sistem. Sosialisasi dalam tahapan pengembangan metodologi untuk bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Sidrap, begitu pula dalam tahapan adaptasi baik dari adaptasi sistem maupun adaptasi aturan yang terus memunculkan inovasi terbaru guna perbaikan sistem dan perampingan aturan, dan juga pengembangan layanan dari segi kemudahan akses dan kemudahan pengawasan izin usaha yang lebih optimal. Faktor penghambat dari pelaksanaan peizinan usaha yang terintegrasi secara digital ini yaitu dari segi operasional sistem baru dan juga kesadaran masyarakat terkait urgensitas perizinan usaha bagi usaha yang dijalankan. Sedangkan faktor pendukung adalah sumber daya aparatur dan juga sarana serta prasarana.
Keywords : Pelayanan, Perizinan, Pengawasan, Pemerintah Kabupaten

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Jan 2022 02:56
Last Modified: 19 Jan 2022 02:56
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12587

Actions (login required)

View Item
View Item