MAKKATTE’ (Studi Mengenai Sunatan pada Anak Perempuan di Desa Anrihua Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba) = MAKKATTE' (Study of Circumcision in Girls in Anrihua Village of Kindang District of Bulukumba Regency)


Ibrahim, Fardhian Anwar (2021) MAKKATTE’ (Studi Mengenai Sunatan pada Anak Perempuan di Desa Anrihua Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba) = MAKKATTE' (Study of Circumcision in Girls in Anrihua Village of Kindang District of Bulukumba Regency). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E51115305_skripsi_24-12-20211.png cover.png

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E51115305_skripsi_24-12-2021.pdf 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E51115305_skripsi_24-12-2021.pdf dp.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E51115305_skripsi_24-12-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Fardhian Anwar Ibrahim. E51115305. MAKATTE’ (Studi Mengenai Sunatan pada Anak Perempuan di Desa Anrihua Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba). Dibimbing oleh Prof. Dr. Supriadi Hamdat, MA dan Dra. Hj. Nurhadelia F. L, M.Si.
Sunat merupakan tradisi turun temurun yang berlaku pada masyarakat, umumnya sunat atau Khitan dilakukan untuk laki – laki namun untuk daerah tertentu sunat juga dilakukan pada perempuan. Seperti halnya di daerah Bulukumba tepatnya Desa Anrihua Kecamatan Kindang, Tradisi Sunat Perempuat dikenal dengan Istilah Makkatte’ yang merupakan tindakan terhadap perempuan yang dilakukan dengan menghilangkan sebagian atau seluruh bagian alat kelaminnya, atau melakukan tindakan tertentu terhadap alat kelamin perempuan dengan tujuan untuk mengurangi atau menghilangkan sensitivitas pada alat kelamin, tradisi ini juga dianggap ritual upacara daur hidup manusia dengan tujuan mensucikan diri atau pengislaman. Meskipun sunat pada Perempuan memiliki prokontra terkait pelaksanaannya namun untuk di Desa Anrihua tradisi ini masih dilakukan. Penelitian ini akan menjelaskan mengenai tradisi Makkatte’ sunat pada anak perempuan di Desa Anrihua, Meliputi ; Pengetahuan Masyarakat terkait Makkatte’, Praktik-praktik Pelaksanaan Makkatte’, dan Perubahan Perilaku Anak Perempuan setelah dilakukan prosesi tersebut.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode etnografi, teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi dan wawancara yang telah dilakukan informan dalam penelitian ini.
Dari hasil penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa, Makkatte’ atau sunat perempuan bagi masyarakat Desa Anrihua merupakan tradisi yang dilakukan secara turun temurun sebagai alasan budaya dan agama dimana sunat bagi persyaratan dasar bagi agama islam yaitu untuk membersihkan/mensucikan dirinya dalam rangka melaksanakan kewajiban agama, seperti halnya sholat dan membaca Al-Qur’an. Masyarakat menyakini bahwa sunat perempuan syarat dalam proses pengislaman, dan dalam proses sunatan sang anak tersebut mengucapkan dua kalimat syahadat dan diberi nasihat-nasihat agama, sebagai suatu proses pengislaman dan apabila tidak disunat maka dianggap belum sempurna sebagai pemeluk agama islam. Dalam praktik-prakti pelaksanaan Makkatte’ memiliki 6 tahapan yaitu ; tahap persiapan, mensucikan diri, prosesi pemakaian baju adat, acara ini (Makkatte’), prosesi duduk pengantin, dan Barazanji. Perubahan perilakuk yang terjadi pada anak setelah dilakukannta tradisi ini seperti ; anak lebih merawat diri, protektif terhadap diri sendiri khsusnya bagi alat-alat vital, mandiri, lebih Dewasa.
Kata Kunci : Makkatte’, Tradisi, Prosesi pengislaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Jan 2022 05:32
Last Modified: 18 Jan 2022 05:32
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12586

Actions (login required)

View Item
View Item