ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PROGRAM GERAKAN MAMUJU MAPACCING DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASAYARAKAT DI KABUPATEN MAMUJU = AN ANALYSIS OF THE COMMUNICATION STRATEGY OF MAMUJU MAPACCING MOVEMENT PROGRAM IN INCREASING COMMUNITY PARTICIPATION IN MAMUJU REGENCY


Adiatma, Muhammad Fiqri (2021) ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PROGRAM GERAKAN MAMUJU MAPACCING DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASAYARAKAT DI KABUPATEN MAMUJU = AN ANALYSIS OF THE COMMUNICATION STRATEGY OF MAMUJU MAPACCING MOVEMENT PROGRAM IN INCREASING COMMUNITY PARTICIPATION IN MAMUJU REGENCY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E022181030_tesis_30-11-20211.png cover.png

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E022181030_tesis_30-11-2021.pdf 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E022181030_tesis_30-11-2021.pdf dp.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E022181030_tesis_30-11-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

MUHAMMAD FIQRI ADIATMA. Analisis Strategi Komunikasi Program Gerakan Mamuju Mapaccing Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Di Kabupaten Mamuju (dibimbing oleh Andi Alimudiin Unde dan H. Muhammad Farid)
Penelitian ini bertujuan mengetahui Strategi Komunikasi Program Gerakan Mamuju Mapaccing Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dan tingkat partisipasi masyarakat terhadap program gerakan Mamuju Mapaccing.
Penelitian dilaksanakan kurang lebih empat bulan, yaitu Agustus sampai dengan desember 2020 dilaksanakan di wilayah kota kebupaten Mamuju yakni kecamatan Simboro dan kepulaun serta kecamatan mamuju. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deksriftif. Jenis data yang digunakan ada dua yaitu, data primer dan sekunder. Data primer diperoleh selama penelitian berlangsung melalui tiga tahap, yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data sekunder berupa literatur, dokumen-dokumen resmi yang dimiliki oleh pemerintah Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat.
Hasil penelitian menunjukkan strategi komunikasi pemerintah kebupaten mamuju dalam program Gerakan Mamuju Mapaccing untuk meningkatkan partisipasi masyarakat telah dilaksanakan dengan beberapa tahap yang telah sesuai dengan teori strategi komunikasi seperti pengenalan khalayak, penyusunan pesan, penetapan metode, serta pemilihan media. Strategi terencana melalui komunikasi persuasif dengan terlibatnya pemerintah secara langsung melalui Organisasi Perangkat Daerah terkait, Pemyampaian pesan melalui media-media lokal mapun media online, dan pembuatan aturan pemerintah dalam upaya menggandeng kemitraan kepada unsur TNI, POLRI, lembaga swadaya masyarakat, dan dunia usaha untuk memaksimalkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaannya. Keterlibatan masyarakat secara umum dapat terlihat dari kegiatan kerja bakti yang dan bakti sosilal yang dilaksanakan oleh semua unsur masyarakat dan Lembaga-lembaga pemerintah, dari kegiatan tersebut manfaat kenyamanan lingkungan, ancaman banjir, semangat kebersamaan sebagai output gerakan Mamuju mapaccing dapat dirasakan oleh warga Kabupaten Mamuju.
Keywords : Strategi Komunikasi, Pemerintah, Mamuju Mapaccing

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Jan 2022 02:47
Last Modified: 19 Jan 2022 02:47
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12575

Actions (login required)

View Item
View Item