Evaluasi Fungsi Sendi Pergelangan Kaki Setelah dilakukan Prosedur Autograft Peroneus Longus Tendon = Ankle Joint Function Evaluation After the Peroneus Longus Tendon (PLT) Autograft Procedure


Arifin, Adhika Nur Syamsul (2021) Evaluasi Fungsi Sendi Pergelangan Kaki Setelah dilakukan Prosedur Autograft Peroneus Longus Tendon = Ankle Joint Function Evaluation After the Peroneus Longus Tendon (PLT) Autograft Procedure. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C145171003_tesis1.png cover.png

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C145171003_tesis.pdf 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C145171003_tesis.pdf dp.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C145171003_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi secara menyeluruh fungsi dari sisi donor sendi pergelangan kaki (ankle) setelah prosedur pembedahan dengan menggunakan Autograft Tendon Peroneus Longus (PLT).
Desain penelitian menggunakan Kohort Prospektif dengan jumlah sampel sebesar 38 pasien yang didiagnosa dengan cedera ligamen atau dengan berbagai tipe prosedur rekonstruksi menggunakan prosedur Autograft Tendon Peroneus Longus di Rumah Sakit Umum Wahidin Sudirohusodo Makassar dan Rumah Sakit Jejaring dari Departemen Ortopedi dan Traumatologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Hasanuddin yang dirawat selama periode dari Januari 2018 sampai Januari 2020 dan terpilih berdasarkan kriteria inklusi dan ekslusi.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa tidak ada pasien yang secara subjektif mengeluhkan kelemahan eversi pergelangan kaki (ankle) meskipun terdapat penurunan signifikan kekuatan eversi maksimal dari pergelangan kaki (ankle) pada sisi donor. Kemungkinan kekuatan eversi maksimal melebihi dari yang dibutuhkan untuk aktivitas dan olahraga sehari-hari dan memungkinkan untuk suatu fase penyembuhan. Penelitian ini tidak menemukan korelasi linier yang positif antara indeks tendon peroneal bilateral total dan indeks kekuatan eversi atau plantar fleksi dari pergelangan kaki (ankle), yang mungkin dihasilkan dari berbagai tingkat kompensasi pada pasien yang berbeda. Faktor lain yang berperan mungkin adalah regenerasi dari Tendon Peroneus Longus (PLT). Penelitian saat ini menunjukkan hasil klinis yang memuaskan pada sendi pergelangan kaki (ankle) setelah prosedur Autograft Peroneus Longus (PLT), dan mungkin terdapat potensi regeneratif untuk tendon Peroneus Longus (PLT) setelah prosedur. Lebih lanjut, efek dari autograft tendon Peroneus Longus pada atlet profesional harus diteliti lebih lanjut dan lebih spesifik.
Penurunan fungsi kaki setelah prosedur pembedahan dengan menggunakan Autograft Tendon Peroneus Longus adalah sementara. Fungsi ini kembali pada pemantauan-pemantauan selanjutnya sehingga peroneus longus dapat menjadi pilihan autograft tanpa khawatir mengenai kehilangan fungsi pada kaki.
Keywords : Fungsi Sendi Pergelangan kaki , Prosedur Autograf Tendon Peroneus Longus (PLT

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Jan 2022 07:38
Last Modified: 18 Jan 2022 07:38
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12547

Actions (login required)

View Item
View Item