Penilaian Jumlah dan Perubahan Leukosit, Neutrofil, Limfosit serta Rasio Neutrofil Limfosit pada Pasien Kanker Payudara Sebelum dan Sesudah Kemoterapi di RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar = Evaluation of Value and Changes of Leucocyte, Neutrophil, Lymphocyte and Neutrophil Lymphocyte Ratio in Breast Cancer Patient Before and After Chemotheraphy at Dr. Wahidin Sudirohusodo Hospital Makassar


Tungabdi, Clarisa (2021) Penilaian Jumlah dan Perubahan Leukosit, Neutrofil, Limfosit serta Rasio Neutrofil Limfosit pada Pasien Kanker Payudara Sebelum dan Sesudah Kemoterapi di RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar = Evaluation of Value and Changes of Leucocyte, Neutrophil, Lymphocyte and Neutrophil Lymphocyte Ratio in Breast Cancer Patient Before and After Chemotheraphy at Dr. Wahidin Sudirohusodo Hospital Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C011181539_skripsi1.png cover.png

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C011181539_skripsi.pdf 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C011181539_skripsi.pdf dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C011181539_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang : Kanker masih merupakan penyebab kematian No.2 di seluruh dunia. Kanker payudara adalah kanker yang paling sering terjadi pada wanita, berdampak pada 2,1 juta wanita setiap tahun, dan juga menyebabkan jumlah terbesar kematian terkait kanker di antara wanita. Diperkirakan angka kejadiannya di Indonesia adalah 12/100.000 wanita, dengan mortalitas yang cukup tinggi yaitu 27/100.000 atau 18% dari kematian yang dijumpai pada wanita. Pada penyakit peradangan seperti kanker, neutrofil dan limfosit memainkan peran yang cukup penting. Dimana neutrofil dapat berperan ganda sebagi pro-tumoral dan anti-tumoral, sedangkan limfosit tepatnya limfosit T sitotoksik merupakan efektor utama dalam membunuh sel kanker. RNL merupakan jumlah neutrofil absolut per jumlah limfosit absolut, sebuah biomarker prognostik yang mudah untuk dipakai dan digunakan. Peningkatan rasio neutrofil limfosit (RNL) perifer telah diakui dapat digunakan sebagai penanda faktor prognostik yang buruk dan peningkatan mortalitas pada berbagai jenis kanker serta lebih konsisten dibanding faktor patologi klinik lainnya. Disamping itu, salah satu pengobatan penyakit kanker adalah kemoterapi, dimana salah satu efek samping dari kemoterapi adalah supresi terhadap sumsum tulang dan akan mempengaruhi pembentukan sel darah. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perubahan jumlah leukosit, neutrofil, limfosit serta rasio neutrofil limfosit sebelum dan sesudah kemoterapi pada pasien kanker payudara.
Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah observational analitik dengan desain cross sectional dan pengambilan data dilakukan secara retrospektif. Sampel pada penelitian ini diambil dari rekam medik pasien dengan diagnosa kanker payudara di RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo tahun 2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode total sampling. Analisis data untuk mengetahui perubahan jumlah leukosit, neutrofil, limfosit serta rasio neutrofil limfosit sebelum dan sesudah kemoterapi yaitu uji t berpasangan, dengan uji alternatif yaitu uji Wilcoxon jika data tidak terdistribusi normal.

Hasil : Sampel yang diteliti sebanyak 42 kasus, dimana sebagian besar sampel penelitian berusia ≥ 50 tahun (59,5%) dan berada pada stadium III (57,1%), dengan jenis histopatologi dan regimen kemoterapi yang paling banyak ditemukan yaitu invasive carcinoma of no special type (NST) (69%) dan regimen kombinasi kemoterapi (88,1%). Sebagian besar jumlah leukosit, neutrofil, limfosit dan RNL dari sampel menurun dengan masing-masing p value yaitu p<0,001 dan p= 0,007.
Kesimpulan : Kemoterapi mempengaruhi hasil laboratorium darah pasien kanker payudara yang ditandai dengan adanya perubahan bermakna dari jumlah leukosit, neutrofil, limfosit dan terjadi penurunan rasio neutrofil limfosit pada sebagian besar sampel sesudah kemoterapi.
Keywords : Kanker payudara, Kemoterapi, Rasio Neutrofil Limfosit (RNL), Leukosit, Neutrofil, Limfosit

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Jan 2022 07:29
Last Modified: 18 Jan 2022 07:29
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12512

Actions (login required)

View Item
View Item