PENGARUH ANESTESI SPINAL DAN ANESTESI EPIDURAL TERHADAP KADAR GULA DARAH PADA OPERASI SECTIO CAESAREA : LITERATURE REVIEW = EFFECT OF SPINAL ANESTHESIA AND EPIDURAL ANESTHESIA ON BLOOD SUGAR LEVELS IN CESAREAN SECTION SURGERY : LITERATURE REVIEW


Talebong, Vicka Urenza (2021) PENGARUH ANESTESI SPINAL DAN ANESTESI EPIDURAL TERHADAP KADAR GULA DARAH PADA OPERASI SECTIO CAESAREA : LITERATURE REVIEW = EFFECT OF SPINAL ANESTHESIA AND EPIDURAL ANESTHESIA ON BLOOD SUGAR LEVELS IN CESAREAN SECTION SURGERY : LITERATURE REVIEW. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C011181382_skripsi_24-12-20211.png cover.png

Download (329kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C011181382_skripsi_24-12-2021.pdf 1-2.pdf

Download (592kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C011181382_skripsi_24-12-2021.pdf dp.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C011181382_skripsi_24-12-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (771kB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang : Sectio caesarea (SC) adalah tindakan pembedahan untuk melahirkan janin melalui insisi di dinding abdomen dan dinding uterus. Sectio caesarea tentunya tidak terlepas dari tindakan anestesi. Umumnya pada tindakan sectio caesarea dilakukan teknik anestesi regional yaitu teknik anestesi spinal dan anestesi epidural. Pembedahan dapat menimbulkan respon stress yang dapat menyebabkan terjadinya hiperglikemik. Kadar gula darah yang meningkat akibat respon stres akan mengakibatkan luka sukar mengering dan mengalami proses penyembuhan yang lama. Dengan demikian respon stres perioperatif dengan segala akibatnya harus diwaspadai oleh karena dapat meningkatkan mortalitas dan morbititas perioperatif dan post operatif. Anestesi spinal dan anestesi epidural dengan agen anestesi lokal dapat menekan respon stress yaitu menekan input afferent simpatik dan somatosensory sehingga mengurangi pelepasan katekolamin dan meminimalkan respon stress neuroendokrin sebelum insisi sampai post operasi. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh anestesi spinal dan anestesi epidural terhadap kadar gula darah pada operasi sectio caesarea.
Metode : Jenis penelitian yang digunakan adalah literature review. Literature review adalah sebuah metodologi penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan dan mengambil intisari dari penelitian sebelumnya serta menganalisis beberapa overview para ahli yang tertulis dalam teks yang didapatkan dari berbagai sumber seperti e-book, e- journal, dan pustaka lainnya.
Hasil : Dari 2.364 studi yang diperoleh, 5 studi yang sesuia kriteria inklusi kemudian dilakukan analisis kualitatif. Hasilnya menunjukkan dengan penggunaan teknik anestesi spinal dan anestesi epidural terdapat peningkatan kadar gula yang lebih sedikit, namun tidak memiliki pengaruh yang bermakna terhadap kadar gula darah pada pasien section caesarea.
Kesimpulan : Teknik anestesi spinal dan anestesi epidural tidak memiliki pengaruh yang bermakna terhadap kadar gula darah pada pasien sectio caesarea.
Keywords : Anestesi spinal, anestesi epidural, kadar gula darah, sectio caesarea

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Jan 2022 05:49
Last Modified: 18 Jan 2022 05:49
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12484

Actions (login required)

View Item
View Item