KAJIAN SISTEMATIK : IDENTIFIKASI PATOGEN PENYEBAB BIOFILM�ASSOCIATED KERATITIS (KERATITIS KRONIK) PADA PENGGUNA LENSA KONTAK = SYSTEMATIC REVIEW : INDETIFICATION OF PATHOGEN BIOFILM ASSOCIATED KERATITIS (CHRONIC KERATITIS) ON CONTACT LENS USER


Handayani, Annisa Dewi (2021) KAJIAN SISTEMATIK : IDENTIFIKASI PATOGEN PENYEBAB BIOFILM�ASSOCIATED KERATITIS (KERATITIS KRONIK) PADA PENGGUNA LENSA KONTAK = SYSTEMATIC REVIEW : INDETIFICATION OF PATHOGEN BIOFILM ASSOCIATED KERATITIS (CHRONIC KERATITIS) ON CONTACT LENS USER. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C011181378_skripsi_24-12-20211.png cover.png

Download (285kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C011181378_skripsi_24-12-2021.pdf 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C011181378_skripsi_24-12-2021.pdf dp.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C011181378_skripsi_24-12-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang : Kornea mata merupakan lapisan transparan yang memiliki fungsi sebagai membran pelindung dan bagian dari mata yang bisa dilalui oleh cahaya untuk sampai ke retina. Sifat transparan dari kornea disebabkan oleh struktur yang beraturan, avaskular dan deturgensi. Epitel pada kornea merupakan perlindungan yang efisien untuk mencegah mikroorganisme masuk ke dalam kornea. Infiltrasi dari sel radang pada kornea atau penggunaan lensa kontak bisa menyebabkan keratitis. Keratitis adalah inflamasi pada kornea dapat dilihat dengan terjadinya edema pada kornea, infiltrasi dari sel radang dan kongesti siliar. Hal ini berhubungan dengan infeksi atau non-infeksi, seperti sistemik atau lokal pada permukaan mata. Dari berbagai jenis keratitis "keratitis mikrobial" menjadi penyebab mayor dan penyebab primer dari perhatian utama pada negara berkembang. Keratitis mikrobial bisa menyebabkan kebutaan apabila tidak ditangani dengan baik.
Metode : pada literatur ini, studi literatur dicari berdasarkan kata kunci sesuai dengan topik, dan disaring berdasarkan kriteria inklusi yang telah ditetapkan sesuai dengan kaidah PRISMA.
Hasil : Dari 164 studi yang ditemukan dilakukan penyaringan berdasarkan kriteria inklusi yakni studi yang memuat patogen penyebab keratitis kronik pada dengan populasi yaitu pasien keratitis kronik yang menggunakan lensa kontak sehingga diperoleh 6 studi yang masuk ke dalam studi inklusi, yang selanjutnya dilakukan qualitative synthesis dari studi tersebut. Berdasarkan hasil dari qualitative analysis ditemukan patogen-patogen yang menyebabkan keratitis kronik oleh pasien yang menggunakan lensa kontak pada 6 studi tersebut.
Kesimpulan : Dari hasil kajian sistematis ini penyebab biofilm associated keratitis (keratitis kronik) pada pengguna lensa kontak banyak disebabkan oleh bakteri Pseudomonas aeruginosa, jamur Fusarium, Aspergillus spp., dan Candida spp., sedangkan untuk virus banyak disebabkan oleh Adenovirus dan Herpes simplex virus.
Keywords : Keratitis dan Lensa Kontak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Jan 2022 05:49
Last Modified: 18 Jan 2022 05:49
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12483

Actions (login required)

View Item
View Item