Rizal, Khusnul Hatima Suryani M. (2022) RANCANG BANGUN APLIKASI PERANKINGAN BERBASIS WEB DENGAN METODE TOPSIS PADA TK NUR INSANI 1 TAMARUNANG KABUPATEN GOWA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
H13115011_skripsi_01-11-2021 cover1.png
Download (165kB) | Preview
H13115011_skripsi_01-11-2021 1-2.pdf
Download (706kB)
H13115011_skripsi_01-11-2021 dp.pdf
Download (206kB)
H13115011_skripsi_01-11-2021.pdf
Restricted to Registered users only until 1 January 2026.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Dalam mengoptimalkan kecerdasan anak usia dini, maka perlu adanya sistem pendidikan yang baik. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat sistem pendukung keputusan untuk mengetahui kecerdasan anak usia dini. Pada penelitian ini, dibuat rancang bangun aplikasi perankingan berbasis web dengan metode TOPSIS di TK Nur Insani 1 Tamarunang Kabupaten Gowa. Data yang diperoleh dari TK tersebut berupa penilaian guru terhadap 12 siswa pada 6 kriteria penilaian, yaitu agama, fisik, kognitif, bahasa, sosial, dan seni. Ada 3 keterangan penilaian, yaitu BB (Belum Berkembang) berbobot 1, MB (Mulai Berkembang) berbobot 2, dan BSH (Berkembang Sesuai Harapan) berbobot 3. Kemudian, penilaian setiap siswa dibuat menjadi matriks keputusan. Alur cara kerja TOPSIS yaitu membuat matriks keputusan, matriks ternormalisasi, matriks ternormalisasi terbobot, menghitung jarak solusi ideal, menghitung preferensi, dan menentukan perankingan berdasarkan nilai preferensi. Aplikasi sistem pendukung keputusan berbasis TOPSIS ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi mampu memberikan perankingan bagi siswa yang sebelumnya tidak terdapat di TK Nur Insani 1, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di TK tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Matematika dan Ilmu Peng. Alam > Ilmu Komputer |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 12 Jan 2022 06:05 |
Last Modified: | 12 Jan 2022 06:05 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12474 |