Prediksi Pengaruh Kompartemen Bocor Terhadap Gerak Translasi dan Rotasi Kapal Feri Ro-Ro


Syafaruddin, Muhammad Annash (2021) Prediksi Pengaruh Kompartemen Bocor Terhadap Gerak Translasi dan Rotasi Kapal Feri Ro-Ro. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D31116313_skripsi_15-11-20211.png cover.png

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
D31116313_skripsi_15-11-2021.pdf 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D31116313_skripsi_15-11-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
D31116313_skripsi_15-11-2021.pdf dp.pdf

Download (697kB)

Abstract (Abstrak)

Performa gerak kapal feri haruslah baik untuk menjamin keselamatan kapal tersebut dan penumpangnya di lautan dimana dalam satu dekade terakhir terjadi peningkatan jumlah kecelakaan kapal setiap tahunnya. Oleh karena itu, karakteristik performa gerak kapal haruslah diprediksi dengan tepat termasuk pada saat kapal di gelombang bahkan dalam keadaan kapal bocor, diperlukan analisa yang bertujuan untuk mendapatkan pengaruh kebocoran terhadap perubahan sarat dan trim serta terhadap performa gerak kapal heaving, pitching, dan rolling di atas gelombang dengan mengunakan maxsurf motion . Analisa diawali dengan melakukan komputasi Response Amplitude Operator (RAO) kapal tersebut untuk 3 (tiga) mode gerakan vertikal, yaitu heave, roll, dan pitch. Selanjutnya RAO tersebut diproses dalam analisis spektra untuk mendapatkan respons spektra di atas gelombang acak dengan variasi tinggi signifikan Hs antara 0,245 m hingga 5,745 m. Hasil komputasi respons spektra dengan variasi tinggi gelombang dan arah datang gelombang dan dengan menggunakan sudut gelombang dari depan (heading wave) dan dari samping (beam wave) didapatkan gerakan kapal heaving dan pitching terbesar terjadi ketika gelombang dari depan (heading wave) sedangkan gerakan kapal rolling terbesar terjadi ketika gelombang dating dari sampng (beam wave) maka diharapkan penelitian ini bisa mendapatkan posisi manakah yang relatif lebih aman untuk kapal dalam keadaan bocor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kebocoran Kapal, Kapal Feri, amplitude, heaving, pitching, rolling, beam wave, heading wave
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 18 Jan 2022 05:43
Last Modified: 18 Jan 2022 05:43
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12457

Actions (login required)

View Item
View Item