Prediksi Pengaruh Roll Decay Akibat Perubahan Sarat Pada Kapal Ferry Ro-Ro 500 Gt Selayar Melalui Pengujian Model


Basongan, Chandra (2021) Prediksi Pengaruh Roll Decay Akibat Perubahan Sarat Pada Kapal Ferry Ro-Ro 500 Gt Selayar Melalui Pengujian Model. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D31116014_skripsi_15-11-20211.png cover.png

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
D31116014_skripsi_15-11-2021.pdf 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D31116014_skripsi_15-11-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
D31116014_skripsi_15-11-2021.pdf dp.pdf

Download (328kB)

Abstract (Abstrak)

Chandra Basongan, Prediksi Pengaruh Roll Decay Akibat Perubahan Sarat Pada Kapal Ferry Ro-Ro 500 GT Selayar Melalui Pengujian Model. Dibimbing oleh ( Mansyur Hasbullah dan Lukman Bochary).
Kapal ferry ro-ro salasatu kapal yang digunakan di indonesia sebagai jalur transportasi untuk memperlancar perekonomian antar pulau, oleh karena itu untuk menjamin keamanan dan keselamatan kapal ferry ro-ro saat beroperasi maka pada penelitian ini di fokuskan untuk mengetahui berapa besaran waktu dan momen pengembali maksimum yang dibutuhkan pada setiap kemiringan dan perubahan sarat model kapal melalui pengujian model di towing tank pada kondisi air tenang. Adapun hasil yang diperoleh setiap perubahan sarat model yaitu pada sarat model 7,130 cm dengan sudut kemiringan awal 4 derajat , 7 derajat, 11 derajat dan 15 derajat dihasilkan besar waktu tiap kemiringan yaitu 8,3 detik, 10,9 detik, 11,2 detik dan 11,9 detik, dan dari tiap kemiringan dihasilkan momen pengembali maksimum yaitu 11,374 kg. cm, 20,631 kg. cm, 26, 280 kg. cm, dan 34,087 kg. cm. Pada sarat model 7,653 cm dengan sudut kemiringan awal 3 derajat , 7 derajat, 10 derajat dan 13 derajat dihasilkan besar waktu tiap kemiringan yaitu 8,8 detik, 11,6 detik, 12 detik dan 13,1 detik, dan dari tiap kemiringan dihasilkan momen pengembali maksimum yaitu 9,716 kg. cm, 17,508 kg. cm, 20,972 kg. cm, dan 24,034 kg. cm. Pada sarat model 8,673 cm dengan sudut kemiringan awal 3 derajat , 5 derajat, 8 derajat dan 10 derajat dihasilkan besar waktu tiap kemiringan yaitu 13,2 detik, 16,7 detik, 18 detik dan 18,6 detik, dan dari tiap kemiringan dihasilkan momen pengembali maksimum yaitu 8,803 kg. cm, 15,742 kg. cm, 17, 250 kg. cm, dan 20,624 kg. cm. Dan pada sarat model 10,503 cm dengan sudut kemiringan awal 1 derajat , 3 derajat, 4 derajat dan 5 derajat dihasilkan besar waktu tiap kemiringan yaitu 15,2 detik, 18,4 detik, 20,5 detik dan 20,8 detik, dan dari tiap kemiringan dihasilkan momen pengembali maksimum yaitu 2,475 kg. cm, 8,090 kg. cm, 11,491 kg. cm dan 14,380 kg. cm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : ferry ro-ro, inclining, roll decay, momen pengembali,eksperimen.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 18 Jan 2022 05:41
Last Modified: 18 Jan 2022 05:41
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12448

Actions (login required)

View Item
View Item