ANALISIS PENDAPATAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN DIVERSIFIKASI PRODUK SUKUN (Studi Kasus : BUMDes Mappakario, Desa Massenrengpulu, Kecamatan Lamuru, Kabupaten Bone)


Rasdin, Andini (2022) ANALISIS PENDAPATAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN DIVERSIFIKASI PRODUK SUKUN (Studi Kasus : BUMDes Mappakario, Desa Massenrengpulu, Kecamatan Lamuru, Kabupaten Bone). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
G021171336_skripsi_08-10-2021 cover1.png

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
G021171336_skripsi_08-10-2021 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
G021171336_skripsi_08-10-2021 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
G021171336_skripsi_08-10-2021.pdf
Restricted to Registered users only until 1 January 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Sukun adalah salah satu buah musiman yang dapat diolah menjadi berbagai macam produk yang dapat memberikan kontribusi pada pendapatan. Salah satu kelembagaan yang telah mencoba mengembangkan produk sukun adalah BUMDes Mappakario. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pendapatan usaha sukun BUMDes Mappakario, mengidentifikasi strategi yang telah ditempuh selama ini, merumuskan berbagai alternatif strategi untuk pengembangannya serta menentukan prioritas strategi yang dapat mendukung diversifikasi produk sukun. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa besar pendapatan usaha sukun sebesar Rp. 5.861.414,35/tahun. Strategi yang ditempuh selama ini yaitu strategi memelihara hubungan dengan karyawan, strategi pengadaan bahan baku dan strategi memelihara hubungan dengan konsumen. Terdapat 9 usulan strategi yang dimana telah ditetapkan strategi prioritas berdasarkan kriteria peningkatan kualitas produk yaitu menjalin sistem kemitraan dengan kelompok tani (0.182). Berdasarkan kriteria pengembangan sumberdaya manusia adalah mengintensifkan pelatihan/pendampingan kepada karyawan BUMDes Mappakario (0.231). Berdasarkan kriteria penguatan sistem pemasaran adalah menetapkan harga produk yang kompetitif (0.230).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 12 Jan 2022 00:15
Last Modified: 12 Jan 2022 00:15
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12438

Actions (login required)

View Item
View Item