ANALISIS PROBABILITAS HUMAN ERROR BERBASIS SOP PELAYANAN OPERASIONAL PELABUHAN DENGAN METODE SHERPA DAN HEART


BIN JAKE, ILHAM ALATAS (2020) ANALISIS PROBABILITAS HUMAN ERROR BERBASIS SOP PELAYANAN OPERASIONAL PELABUHAN DENGAN METODE SHERPA DAN HEART. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D33115008_skripsi_22-09-2020_Cover1.jpg

Download (5kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1 dan 2] Text (Bab 1 dan 2)
D33115008_skripsi_22-09-2020_1-2(FILEminimizer).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
D33115008_skripsi_22-09-2020_Daftar Pustaka dan lamp.(FILEminimizer).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D33115008_skripsi_22-09-2020(FILEminimizer) ................... ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

KM. Mutiara Santosa merupakan tipe kapal roll-on/roll-off passenger yang difungsikan untuk mengangkut kendaraan dan penumpang dengan rute pelayarannya antara Surabaya dan Balikpapan. Sebagaimana kesimpulan laporan hasil investigasi KNKT tahun 2017 silam, kebakaran yang melada KM Mutiara Santosa I disebabkan adanya kelalaian operator (human error) pelabuhan menjalankan prosedur pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kegagalan-kegagalan operator (human error) yang mengakibatkan kebakaran KM. Mutiara Santosa I yang dtinjau dari segi Standar Operasional Prosedur Pelayanan Pelabuhan yang sesuai Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Tahun 2006 Tentang Pelayanan Pengoperasian Pelabuhan Penyeberangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Metode SHERPA untuk mengidentifikasi kegagalan-kegagalan operator (human error probability) dalam menjalankan SOP Pelayanan dan Metode HEART digunakan untuk mengetahui nilai probabilitas kegagalan operator(HEP) tertinggi dari SOP Pelayanan yang di analisis. Dari hasil analisis penelitian ini, diketahui bahwa yang rentang terjadinya kegagalan operator berada pada Sop Pelayanan Muatan Di Kapal yaitu pada kode pekerjaan 1.7 yaitu operator tidak memerhatikan tinggi kenderaan, kode pekerjaan 1.9 operator tidak memperhitungkan tonase kenderan dengan teliti, dan kode pekerjaan 1.2 operator tidak melakukan pengawasan terhadap penumpang berserta barang bawaannya secara visual dan dengan cctv. Sedangkan peluang terbesar terjadi kegagalan operator (HEP) terdapat pada SOP Pelayanan Operasional Pengendalian di Pelabuhan Penyeberangan yaitu sebesar 23,22% dari 9 SOP Pelayanan Pelabuhan yang dianalisis. Solusi perbaikan yang dapat dilakukan adalah meningkatkan keterampilan/skill operator dan operator harus lebih teliti dalam menjalankan sopsop pelayanan muatan baik penumpang, barang maupuan kendaraan yang naik ke kapal.
Kata Kunci : KM Mutiara Santosa I, Human error, SHERPA, dan HEART

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KM Mutiara Santosa I, Human error, SHERPA, dan HEART
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Depositing User: sangiasseri abubakar
Date Deposited: 15 Dec 2020 05:32
Last Modified: 15 Dec 2020 05:32
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/1238

Actions (login required)

View Item
View Item