Peranan patroli polisi dalam upaya pencegahan kejahatan begal (Studi Kasus Pada Tahun (2017-2019)


Syafaat, L.m. Sri (2021) Peranan patroli polisi dalam upaya pencegahan kejahatan begal (Studi Kasus Pada Tahun (2017-2019). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B11115605_skripsi cover.png

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
B11115605_skripsi 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
B11115605_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
B11115605_skripsi dp.pdf

Download (231kB)

Abstract (Abstrak)

L.M Sri Syafaat (B11115605), Peranan Patroli Polisi Dalam Upaya Pencegahan Kejahatann Begal (Studi Kasus Pada Polrestabes Makassar Tahun (2017-2019) Dibimbing oleh Amir Ilyas sebagai Pembimbing I dan Hijrah Adhyanti Mirzana sebagai Pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengkaji mengenai beberapa permasalahan,pertama mengenai Bagaimanakah peranan patroli polisi dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kejahatan begal. Kedua Hambatan apakah yang dihadapi Kepolisian Polrestabes Makassar dalam melakukan fungsi patroli di masyarakat.

Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Empiris Kuantitatif dan penelitian sosio-yuridis atau sosio-legal. Jenis data Primer Meliputi bahan Sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui Studi Kepustakaan atau dengan nama Library Research, Instrumen penelitian berupa Undang-Undang Nomor. 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Penelitian Wawancara, yaitu pengumpulan data dalam bentuk tanya jawab yang dilakukan secara langsung kepada responden dalam hal ini adalah hakim dan ahli hukum yang mengerti tentang objek penelitian penulis.Teknik analisis data yang digunakan adalah Metode Kuantitatif.

Adapun hasil penelitian ini, yaitu penulis berkesimpulan bahwa (1) Dengan banyaknya kejahatan begal yang terjadi tentunya merupakan tugas dari pihak kepolisian dalam melakukan pencegahan dan menanggulangi kejahatan begal tersebut. Peranan polisi dalam menanggulangi dan mencegah terjadinya kejahatan begal yaitu sebagai pengemban fungsi preventif dengan mencegah agar peluang terjadinya sebuah kejahatan semakin kecil, selain itu sebagai pengemban fungsi represif dengan mengungkap suatu perilaku kejahatan. Serta (2) hambatan yang dihadapi oleh pihak kepolisian dalam melakukan fungsi patroli ,Kurangnya jumlah personil di lapangan, Meningkatnya angka kejahatan terus menerus,Kurangnya partisipasi dari masyarakat.

Kata kunci : kepolisian, kejahatan, begal, penanggulangan, pencegahan/prevetif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kepolisian, kejahatan, begal, penanggulangan, pencegahan/prevetif
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 18 Jan 2022 03:40
Last Modified: 18 Jan 2022 03:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12375

Actions (login required)

View Item
View Item