Analisis Pengaturan Pelaporan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) di PT. Bank Negara Indonesia Tbk Kantor Wilayah Makassar


Sumardani, Raiza Gadis (2021) Analisis Pengaturan Pelaporan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) di PT. Bank Negara Indonesia Tbk Kantor Wilayah Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B11115526_skripsi cover.png

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
B11115526_skripsi 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
B11115526_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
B11115526_skripsi dp.pdf

Download (215kB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

RAIZA GADIS SUMARDANI (B111 15 526) dengan judul “Analisis Pengaturan Pelaporan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) di PT. Bank Negara Indonesia Tbk Kantor Wilayah Makassar”. Di bawah bimbingan Nurfaidah Said sebagai Pembimbing Utama dan Marwah sebagai Pembimbing Pendamping.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaturan pelaporan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) di PT. Bank Negara Indonesia, Tbk (BNI) Kantor Wilayah (Kanwil) Makassar dan perlindungan hukum terhadap nasabah yang data mengalami kekeliruan penginputan data SLIK.
Penelitian ini dilakukan di Kota Makassar, tepatnya di BNI Kanwil Makassar Sulawesi Selatan, untuk mengumpulkan data primer berupa data tidak valid dalam SLIK BNI Kanwil Makassar beserta hambatan-hambatan dalam penginputan data debitor ke dalam SLIK melalui teknik pengumpulan data berupa wawancara langsung dengan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil penelitian penulis, bentuk-bentuk kesalahan yang biasa terjadi dalam SLIK yaitu kesalahan pada karakter seperti lebih atau kurang angka nol, tidak teliti dalam menginput tanda baca khususnya tanda “koma”, tidak menyertakan garis miring yang seharusnya perlu dicantumkan, data nama kelurahan dan kecamatan tidak sinkron dengan kode pos yang diinput.; (2) Upaya BNI sebagai pelapor dalam melindungi nasabah dari kesalahan/ketidak akuratan, pendeteksian data tidak valid maupun keterlambatan pengkinian data yaitu membentuk Divisi Management Data selanjutnya disebut DMA. DMA merupakan divisi tersendiri dari BNI berkantor pusat pusat BNI Jakarta.

Kata Kunci : SLIK, BNI, DMA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SLIK, BNI, DMA
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 18 Jan 2022 03:39
Last Modified: 18 Jan 2022 03:39
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12369

Actions (login required)

View Item
View Item