TINJAUAN KRIMINOLOGIS TERHADAP TINDAK PIDANA PENGGELAPAN PADA BANK (Studi Kasus Di Kota Makassar Tahun 2017-2019)


Hasan, Yoan Hazalea (2021) TINJAUAN KRIMINOLOGIS TERHADAP TINDAK PIDANA PENGGELAPAN PADA BANK (Studi Kasus Di Kota Makassar Tahun 2017-2019). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B11115335_skripsi cover.png

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
B11115335_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
B11115335_skripsi 1-2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
B11115335_skripsi dp.pdf

Download (196kB)

Abstract (Abstrak)

Yoan Hazalea Hasan (B11115335), dengan judul skripsi “Tinjauan Kriminologis Terhadap Tindak Pidana Penggelapan pada Bank (Studi Kasus Di Kota Makassar Tahun 2017-2019)”. Dibawah bimbingan bapak Andi Muhammad Sofyan selaku pembmbing I dan Ibu Hijrah Adhyanti Mirzana selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya tindak pidana penggelapann pada bank dan upaya aparat penegak hukum dalam menanggulangi tindak pidana penggelapan pada bank (Fraud) di Kota Makassar)
Penelitian ini menggunakan metode penelitian empiris dengan lokasi penelitian di Polda Sulawesi Selatan dan di beberapa bank di Kota Makassar. Jenis sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer yang merupakan wawancara langsung denganr responden dan narasumber, data sekunder yang merupakan data yang diperoleh secara tidak langsung berasal dari perundang-undangan, literature, laporan-laporan, buku dan tulisan ilmiah yang terkait dengan pembahasan penulis. Analisis data yang digunakanan adalah teknik kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya tindak pidana penggelapan pada bank (Fraud) yaitu faktor ekonomi, faktor adanya kesempatan, dan faktor perkembangan teknologi. Upaya penanggulangan yang dilakukan pihak kepolisian adalah adalah upaya pre-emtif yaitu kepolisian bekerjasama dengan bank melakukan sosialisasi budaya anti fraud, upaya preventif yaitu kepolisian melakukan penyuluhan hukum terkait dengan kejahatan dan memberikan pemahaman tentang pengaturan hukum terkait dengan fraud, dan upaya represif dengan penjatuhan sanksi atau hukuman terhadap pelaku tindak penggelapan untuk memberikan efek jera.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggelapan, Bank, Kriminologis
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 18 Jan 2022 03:24
Last Modified: 18 Jan 2022 03:24
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12340

Actions (login required)

View Item
View Item