tinjauan kriminologis terhadap kejahatan pertambangan pasir tanpa izin di kabupaten gowa (studi kasus tahun 2015-2018)


Erwin, Muh. (2021) tinjauan kriminologis terhadap kejahatan pertambangan pasir tanpa izin di kabupaten gowa (studi kasus tahun 2015-2018). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B11115158_skripsi cover.png

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
B11115158_skripsi 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
B11115158_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
B11115158_skripsi dp.pdf

Download (71kB)

Abstract (Abstrak)

Muh. Erwin B11115158 Tinjauan Kriminologis Terhadap Kejahatan Pertambangan Pasir Tanpa Izin di Kabupaten Gowa (Studi Kasus Tahun 2015-2018)
Dibimbing oleh Prof. Dr. Andi Muhammad Sofyan., S.H., M.H Selaku Pembimbing I dan Dr. Nur Azisah, S.H., M.H. Selaku Pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya tindak pidana pertambangan pasir tanpa izin dan upayah aparat penegak hukum terkait maraknya pertambangan pasir tanpa izin di Kabupaten Gowa.

Data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder yang dianalisis berdasarkan rumusan masalah secara kualitatif deskriptif yang berkaitan dengan permasalahan yang sedang diteliti yakni terkait faktor penyebab terjadinya tindak pidana pertambangan pasir tanpa izin dan upayah aparat penegak hukum terkait maraknya pertambangan pasir tanpa izin di Kabupaten Gowa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kejahatan pertambangan pasir yang terjadi di Kabupaten Gowa terjadi akibat beberapa faktor, yakni : Faktor Ekonomi, pelaku ingin menghindari kewajiban yang telah ditentukan, sulitnya mendapatkan IUP, minimnya sosialisasi peraturan perundang-undangan, lemahnya penegakan hukum, (2) Upaya yang dilakukan aparat penegak hukum dan dinas terkait mengenai penanggulangan kejahatan pertambangan tanpa izin di Kabupaten Gowa, meliputi upaya preventif: melakukan sosialisasi dan penyuluhan hukum mengenai Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara, pemasangan spanduk/pamflet akan bahaya pertambangan tanpa izin, melakukan pengawasan dan operasi rutin terhadap setiap kegiatan usaha pertambangan, sedangkan upaya represif, yaitu menindak tegas pelaku kejahatan pertambangan tanpa izin dan memproses secara hukum yang berlaku serta menyita alat yang digunakan dalam melakukan kejahatan pertambangan tanpa izin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kejahatan dan Pertambangan Pasir Tanpa Izin
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 18 Jan 2022 01:43
Last Modified: 18 Jan 2022 01:43
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12323

Actions (login required)

View Item
View Item