ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PT INDOSAT OOREDOO MICRO CLUSTER (MC) GOWA DENGAN PENDEKATAN MATRIKS BCG, SWOT DAN SPACE


Akbar, La Ode Fauzal (2022) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PT INDOSAT OOREDOO MICRO CLUSTER (MC) GOWA DENGAN PENDEKATAN MATRIKS BCG, SWOT DAN SPACE. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
D071171302_skripsi_15-11-2021 cover1.png

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
D071171302_skripsi_15-11-2021 1-2.pdf

Download (809kB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
D071171302_skripsi_15-11-2021 dp.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
D071171302_skripsi_15-11-2021.pdf
Restricted to Registered users only until 1 January 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Perusahaan membutuhkan strategi pemasaran agar dapat bersaing dan bertahan di pasar telekomunikasi di Indonesia. Namun dalam kenyataannya strategi pemasaran yang diterapkan masih belum efektif sehingga perusahaan memiliki pangsa pasar dan tingkat penjualan yang masih rendah dibandingkan dengan pesaingnya.
Penelitian ini dilakukan untuk memberikan rekomendasi strategi pemasaran yang sesuai. Tujuannya ialah menghasilkan beberapa strategi yang relevan dengan kondisi internal dan eksterna perusahaan seta bagaimana posisi perusahaan di pasar telekomunikasi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah BCG, SWOT dan SPACE. Metode SWOT berfokus pada analisa kondisi internal dan eksternal perusahaan. Metode BCG berfokus pada analisa posisi perusahaan berdasarkan pangsa pasar dan tingkat penjualan yang dimiliki. Metode SPACE berfokus pada analisa posisi perusahaan berdasarkan beberapa indikator kekuatan, stabilitas dan keunggulan yang dimiliki perusahaan. Selain itu, untuk mengurangi tidak konsistennya data yang diperoleh maka peneliti mengkombinasikan metode AHP dalam proses analisis SWOT dan SPACE
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa berdasarkan analisis SWOT perusahaan harus fokus pada strategi SO (strenght & opportunities) yang berarti memanfaatkan kekuatan untuk mengambil kesempatan. Berdasarkan analisis BCG, perusahaaan berada pada posisi stars yang artinya penjualan dan pangsa pasar yang dimiliki perusahaan cukup tinggi. Sedangkan berdasarkan analisis SPACE, perusahaan berada pada kuadran 1 (agresif) yang berarti perusahaan memiliki kondisi internal yang baik untuk memaksimalkan peluang, memimnimalisir kelemahan dan menghindari ancaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 15 Jan 2022 04:16
Last Modified: 15 Jan 2022 04:16
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12282

Actions (login required)

View Item
View Item