Kedudukan Hukum Sekretariat Komisi Pengawas Persaingan Usaha


Sahir, Anif Laila (2022) Kedudukan Hukum Sekretariat Komisi Pengawas Persaingan Usaha. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
B11116114_skripsi cover.png

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
B11116114_skripsi 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
B11116114_skripsi dp.pdf

Download (566kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
B11116114_skripsi.pdf
Restricted to Registered users only until 1 January 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan mengetahui kedudukan hukum Sekretariat KPPU dengan membandingkannya pada komisi negara independen lainnya serta menganalisis implikasi terhadap kedudukan hukum Sekretariat Komisi Pengawas Persaingan Usaha.
Metode penelitian digunakan, yaitu penelitian hukum normatif dengan menganalisis peraturan perundang-undangan berhubungan dengan KPPU dan beberapa komisi negara independen lainnya serta menggunakan pendekatan perundang-undangan, pendekatan komparatif, dan pendekatan konseptual. Penulis menggunakan bahan hukum primer mencakup peraturan perundang-undangan yang berhubungan erat dengan isu yang dikaji.Bahan sekunder berupa buku-buku hukum, jurnal berkaitan dengan masalah hukum yang dikaji, bahan hukum tersier berupa kamus hukum dan kamus bahasa Indonesia. Penulis mengumpulkan seluruh bahan hukum dengan melakukan kajian studi pustaka kemudian dibahas secara sistematis dan deskriptif.
Hasil penelitian, yaitu pertama bahwa kedudukan hukum KPPU tidak sama dengan komisi negara independen lainnya, seperti Komnas HAM dan KPI, kedua, Implikasi terhadap kedudukan hukum Sekretariat KPPU yaitu tidak terintegrasinya kelembagaan dan kepegawaian sekretariat KPPU dalam sistem kepegawaian nasional yang mengarah pada tidak terpenuhinya hak kepegawaian berupa tunjangan masa tua/ pensiun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 15 Jan 2022 04:12
Last Modified: 15 Jan 2022 04:12
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12273

Actions (login required)

View Item
View Item