PENAFSIRAN KONSEP DISKRIMINASI DALAM HUKUM HAK ASASI MANUSIA (HAM) INTERNASIONAL (Telaah Putusan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia mengenai Pengujian Undang-Undang Tahun 2008-2013)


Ashri, Muhammad Rusydi (2021) PENAFSIRAN KONSEP DISKRIMINASI DALAM HUKUM HAK ASASI MANUSIA (HAM) INTERNASIONAL (Telaah Putusan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia mengenai Pengujian Undang-Undang Tahun 2008-2013). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B11114701_skripsi cover.png

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
B11114701_skripsi 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
B11114701_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
B11114701_skripsi dp.pdf

Download (223kB)

Abstract (Abstrak)

MUHAMMAD RUSYDI ASHRI (B111 14 701), Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, dengan judul skripsi “PENAFSIRAN KONSEP DISKRIMINASI DALAM HUKUM HAK ASASI MANUSIA (HAM) INTERNASIONAL (Telaah Putusan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia mengenai Pengujian Undang-Undang Tahun 2008-2013)”. Di bawah bimbingan Iin Karita Sakharina dan Aidir Amin Daud.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep tentang diskriminasi menurut hukum hak asasi manusia internasional dalam penerapannya terhadap Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia dalam memutuskan tentang pengujian undang-undang.

Penelitian ini adalah penelitian hukum dengan metode pendekatan konseptual, pendekatan analitis. Bahan-bahan penelitian berupa bahan hukum primer, yakni perjanjian internasional mengenai hak asasi manusia, peraturan perundang-undangan, serta putusan mahkamah konstitusi, serta bahan hukum sekunder yang diperoleh dalam buku-buku yang relevan, jurnal-jurnal, dan dokumen melalui penelitian kepustakaan. Kemudian keseluruhan bahan hukum tersebut dianalisis dan disajikan secara deskriptif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) terdapat suatu pemahaman dan analisis mengenai identifikasi konsep diskriminasi dalam hukum hak asasi manusia internasional, konsepsi mengenai diskriminasi diskriminasi dapat membantu negara dalam penegakan hak asasi manusia. (2) Mahkamah Konstitusi sebagai salah satu lembaga negara yang menegakkan hukum hak asasi manusia dalam hal ini pengujian undang- undang mesti mempunyai perangkat analisis dalam merumuskan konsep diskriminasi sebagi bentuk bentuk kewajiban moral Indonesia dalam pemenuhan hak asasi manusia yang telah menandatangani ICCPR, ICESCR.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Diskriminasi; Hak Asasi Manusia; Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MKRI).
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 15 Jan 2022 04:11
Last Modified: 15 Jan 2022 04:11
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12267

Actions (login required)

View Item
View Item