PENGADUAN KONSTITUSI OLEH MAHKAMAH KONSTITUSI REPUBLIK INDONESIA


Munirahayu, Munirahayu (2020) PENGADUAN KONSTITUSI OLEH MAHKAMAH KONSTITUSI REPUBLIK INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
B11116074_skripsi cover.png

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
B11116074_skripsi 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
B11116074_skripsi dp.pdf

Download (427kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
B11116074_skripsi.pdf
Restricted to Registered users only until 1 January 2027.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanganan perkara Pengaduan Konstitusi oleh Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia dalam perlindungan hak konstitusional warga negaranya di Indonesia. selain itu juga untuk mengetahui Bagaimana Implikasi Hukum bagi pemohon yang hak konstitutionalnya tidak terpenuhi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif. Penelitiannya dilakukan dengan cara menganalisis buku, jurnal-jurnal ilmiah, peraturan perundang-undangan, hasil pemikiran para ahli serta putusan pengadilan sebagai sumber dan bahan hukum. Selanjutnya bahan yang telah diperoleh selama penelitian dengan dianalisis menggunakan metode pendekatan normative yang bersifat kualitatif yakni dengan cara meneliti bahan pustaka guna menjawab permasalahan yang diteliti.
Hasil penelitian ini menjelaskan : 1) bahwa Mahkamah Konstitusi tidak memiliki kewenangan dalam menangani perkara pengaduan konstitusi, namun Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia memberikan jalan melalui mekanisme pengujian undang-undang terhadap Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. 2) Implikasi hukum bagi pemohon jika Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia tidak memiliki kewenangan tersebut maka akibatnya hak konstitusional warga negara akan terlanggar atau tercederai, kemudian jika penanganannya melalui pengujian undang-undang jelas penanganannya tidak maksimal.
Kata Kunci: Pengaduan Konstitusi, Mahkamah Konstitusi, Hak Konstitusional warga Negara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 15 Jan 2022 03:56
Last Modified: 15 Jan 2022 03:56
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12232

Actions (login required)

View Item
View Item