Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Kampung Mawan Distrik Mandobo Kabupaten Boven Digoel = Factors Affecting the Development of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in Mawan Village, Mandobo District, Boven Digoel Regency


Gaza, Liborius (2021) Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Kampung Mawan Distrik Mandobo Kabupaten Boven Digoel = Factors Affecting the Development of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in Mawan Village, Mandobo District, Boven Digoel Regency. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A012182067_tesis1.png COVER.png

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A012182067_tesis.pdf 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A012182067_tesis.pdf DP.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A012182067_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Liborius Gaza. Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Kampung Mawan Distrik Mandobo Kabupaten Boven Digoel. (Dibimbing langsung oleh Muh Asdar dan Jusni).
Penelitian ini memusatkan perhatiannya pada faktor-faktor yang mempengaruhi hal pembinaan dan pengembangan UMKM. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, penelitian ini dilakukan di Kampung Mawan, Distrik Mandobo, Kabupaten Bouven Digoel. Penelitian yang dilakukan diperkirakan sekitar 3 (tiga) bulan. Pada penelitian ini populasinya adalah seluruh UMKM yang ada di Kampung Mawan Distrik Mandobo Kabupaten Bouven Digoel yang berjumlah 42 UMKM. Maka pada penelitian ini sampel yang digunakan sebanyak 38 UMKM. Penentuan responden dipilih dengan menggunakan teknik nonprobability sampling yang tidak memberi peluang yang sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuisioner, yaitu sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi. Sebelum kuisioner tersebut digunakan dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kebebasan mobilitas secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Pengembangan UMKM.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Variabel kemampuan membeli komoditas secara parsial berparuh signifikan terhadap Pengembangan UMKM. Variabel jaminan ekonomi secara parsial berparuh signifikan terhadap Pengembangan UMKM. Dan Variabel kesadaran hukum dan politik secara parsial berparuh signifikan terhadap Pengembangan UMKM
Keywords: UMKM, Kebebasan Mobilitas, Kemampuan Membeli Komoditas, Jaminan Ekonomi, Kesadaran Hukum dan Politik

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Jan 2022 03:52
Last Modified: 15 Jan 2022 03:52
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12216

Actions (login required)

View Item
View Item