Translasi dan Adaptasi Medical Students Questionnaire of Knowledge, Skills, and Attitudes regarding Patient Safety Versi Indonesia untuk New Graduate Registered Nurses (NGRNs)


Yusriawati, Yusriawati (2021) Translasi dan Adaptasi Medical Students Questionnaire of Knowledge, Skills, and Attitudes regarding Patient Safety Versi Indonesia untuk New Graduate Registered Nurses (NGRNs). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R012181035_tesis_05-11-2021 cover1.png

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
R012181035_tesis_05-11-2021 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
R012181035_tesis_05-11-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
R012181035_tesis_05-11-2021 dp.pdf

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Tujuan: Tujuan penelitian ini, yaitu melakukan translasi, adaptasi, dan validasi psikometri versi asli (bahasa Inggris) dari Medical Students Questionnaire of Knowledge, Skills, and Attitudes regarding Patient Safety ke dalam bahasa Indonesia untuk dapat digunakan pada NGRNs. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah translasi dan adaptasi yang terdiri dari forward translation, forward translation review, blind-back translation, back translation review, pilot testing, dan full psychometric testing. Pada pilot testing, content validity index diperkirakan. Pada langkah keenam dilakukan Confirmatory Factor Analysis (CFA) dan internal consistency reliability. Secara keseluruhan, 109 NGRNs sampling (75,2%) berpartisipasi dalam tes psikometri
dengan menggunakan penyampelan purposif. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan 29 item instrumen pengetahuan, keterampilan, dan sikap NGRNs tentang keselamatan pasien muncul dalam struktur lima faktor yang terbukti dari CFA. Versi ini memiliki reliabilitas yang baik dengan nilai cronbach alpha untuk keterampilan interpersonal dan pengambilan keputusan dalam kesalahan medis (0,98), sikap konatif (perilaku) jika terjadi kesalahan medis (0,99), keterampilan menyelesaikan masalah (0,90), pengetahuan tentang kesalahan medis dan keselamatan pasien (0,76), sikap kognitif (keyakinan, kesadaran) dalam kesalahan medis (0,85), dan 0,97 untuk keseluruhan. Kesimpulan: Instrumen yang diciptakan dapat memfasilitasi peneliti selanjutnya atau perawat untuk bisa menilai NGRNs dari aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap mereka tentang keselamatan pasien.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: new graduate registered nurses, instrumen pengetahuan dan sikap, keselamatan pasien, translasi dan adaptasi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 15 Jan 2022 03:43
Last Modified: 16 Feb 2022 07:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12162

Actions (login required)

View Item
View Item