Evaluasi Tingkat Beban Kerja Mental dan Kelelahan Mahasiswa Selama Perkuliahan Online = Evaluation of the Level of Mental Workload and Student Fatigue During Online Lectures


Syam, Nurul Izzah (2021) Evaluasi Tingkat Beban Kerja Mental dan Kelelahan Mahasiswa Selama Perkuliahan Online = Evaluation of the Level of Mental Workload and Student Fatigue During Online Lectures. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D071171311_skripsi_02-12-2021 cover1.jpg

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D071171311_skripsi_02-12-2021 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D071171311_skripsi_02-12-2021 dapus.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D071171311_skripsi_02-12-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Perkuliahan secara online merupakan sistem pembelajaran melalui media elektronik yang dihubungkan dengan jaringan internet. Perkuliahan online saat ini diterapkan karena Pandemi Covid-19. Masalah yang terjadi pada perkuliahan online yaitu beberapa perguruan tinggi di Indonesia belum siap melakukan pembelajaran secara online. Begitu pula dengan permasalahan mahasiswa yang tidak terbiasa dengan tuntutan belajar secara mandiri karena keterbatasan waktu, fasilitas, materi dan kemampuan sehingga menyebabkan rasa cemas dan kepanikan yang berlebih. Hal ini akan menimbulkan beban mental sehingga berdampak terhadap kelelahan mahasiswa yang menyebabkan turunnya efisiensi, ketahanan dan kapasitas kerja. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi beban kerja mental dan kelelahan mahasiswa selama perkuliahan online.
Penelitian dilakukan pada bulan Agustus-Oktober 2021 terhadap seluruh mahasiswa terdaftar di perguruan tinggi Indonesia. Pengukuran beban kerja mental menggunakan metode NASA-TLX dan pengukuran kelelahan dengan menggunakan SOFI. Uji statistik yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji One Way Anova dan Kruskall Wallis sebagai uji komparatif, serta regresi dan korelasi sederhana sebagai analisis hubungan antar variabel dengan bantuan software SPSS 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beban kerja mental yang diterima oleh mahasiswa berada pada kategori tinggi sedangkan kelelahan pada kategori sedang. Perbedaan rata-rata beban mental yang signifikan dapat dilihat berdasarkan jenis kelamin, bidang keilmuan, akreditasi program studi, tingkat pendidikan, IPK selama perkuliahan online, keterlibatan aktivitas kemahasiswaan, alat bantu perkuliahan online, tempat perkuliahan online, cara menyambungkan kejaringan, biaya perkuliahan online, dan jumlah jam belajar online. Perbedaan rata-rata kelelahan yang signifikan dapat dilihat berdasarkan jenis kelamin, akreditasi program studi, tingkat pendidikan, alat bantu perkuliahan online, dan jumlah jam belajar online. Analisis hubungan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara variabel beban kerja mental terhadap kelelahan, namun memiliki hubungan yang lemah karena memiliki nilai koefisien korelasi 0.246.
Kata Kunci : Beban Kerja, Kelelahan, NASA-TLX, SOFI, Perkuliahan Online

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 30 Dec 2021 00:06
Last Modified: 30 Dec 2021 00:06
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12121

Actions (login required)

View Item
View Item