JARINGAN KEBIJAKAN PUBLIK : Studi Kasus Pertukaran Jaringan Dalam Implementasi Kebijakan Diversifikasi Pangan Di Sulawesi Selatan


Iva, Muhammad Irvan Nur (2021) JARINGAN KEBIJAKAN PUBLIK : Studi Kasus Pertukaran Jaringan Dalam Implementasi Kebijakan Diversifikasi Pangan Di Sulawesi Selatan. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P0900316006_disertasi_05-11-2021 cover1.png

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
P0900316006_disertasi_05-11-2021 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
P0900316006_disertasi_05-11-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
P0900316006_disertasi_05-11-2021 dp.pdf

Download (496kB)

Abstract (Abstrak)

Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi pertukaran jaringan dalam implementasi kebijakan diversifikasi pangan di Sulawesi Selatan. Kebijakan diversifikasi pangan bertujuan untuk mendiversifikasi konsumsi pangan beras dengan menggunakan komoditi hasil pertanian lokal unggulan.
Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif, strategi penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Penggunaan studi kasus bertujuan untuk memperoleh penjelasan komprehensif mengenai fenomena implementasi kebijakan diversifikasi pangan yang berfokus pada struktur dan relasi antar pemangku kepentingan yang terlibat. Lokasi penelitian meliputi kabupaten Bone dan Luwu Utara. Penentuan informan diterapkan secara purposive. Sumber data meliputi data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan struktur jaringan masih didominasi oleh pemerintah daerah selaku leading sector dalam implementasi kebijakan diversifikasi pangan. Fungsi jaringan belum berjalan sebagaimana mestinya sehingga para pemangku kepentingan tidak memiliki posisi seimbang. Jenis relasi berbentuk bureaucratic network yang merupakan pembentukan hubungan antara pemerintah dengan pemangku kepentingan lain dalam implementasi kebijakan diversifikasi pangan di Sulawesi Selatan yang didominasi oleh pemerintah daerah sebagai local agency. Pengaturan relasi dalam implementasi kebijakan dilakukan dengan membuat kesepakatan dengan para pemangku kepentingan. Hubungan antar pemangku kepentingan pemerintah, penyuluh dan petani dilakukan dengan komunikasi dan pertemuan berkala. Hubungan intensif hanya terjadi pada interaksi antar petani dan penyuluh.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Jaringan kebijakan, pertukaran jaringan, implementasi kebijakan, kebijakan diversifikasi pangan.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 15 Jan 2022 03:34
Last Modified: 15 Jan 2022 03:34
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12090

Actions (login required)

View Item
View Item