IMPLEMENTASI ASAS KETERBUKAAN PADA PELAKSANAAN PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN WAJO DI MASA PANDEMI COVID-19


Hardianti, Astuti (2022) IMPLEMENTASI ASAS KETERBUKAAN PADA PELAKSANAAN PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN WAJO DI MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B021171014_skripsi_30-11-2021 cover1.jpg

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B021171014_skripsi_30-11-2021 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B021171014_skripsi_30-11-2021 dapus.pdf

Download (864kB)
[thumbnail of full taxt] Text (full taxt)
B021171014_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi asas keterbukaan pada pelayanan publik selama masa pandemi covid-19 di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wajo dan mengetahui efektivitas pelaksanaan asas keterbukaan pada pelayanan publik selama masa pandemi covid-19 di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wajo. Penelitian ini menggunakan jenis metode empiris. Penelitian ini dilakukan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wajo. Kemudian, data yang diperoleh akan dianalisis secara kualitatif, lalu disajikan secara deskriptif. Adapun hasil penelitian dalam skripsi ini (1) Implementasi asas keterbukaan pada pelayanan publik selama masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Wajo belum optimal karena pelayanan publik dilakukan secara online dan offline. Hal ini di karenakan kurangnya sosialisasi bagi masyarakat yang berada jauh dari kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wajo. Sehingga pelaksanaan asas keterbukaan belumm optimal. (2) Efektivitas pelaksanaa Asas keterbukaan pada pelayanan publik selama masa pandemi covid-19 di kantor dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten wajo tidak berjalan secara efektif sehingga dinas kependudukan dan pencatatan sipil harus melakukan beberapa perbaikan dan pembenahan dalam melakukan pelayanan publik khususnya berkaitan dengan keterbukaan infomasi agar masyarakat dapat memperoleh informasi dengan baik .
Keywords: Pelayanan Publik, Asas Keterbukaan, Dinas Kependudukan
dan Pencatatan Sipil

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Jan 2022 03:25
Last Modified: 15 Jan 2022 03:25
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12076

Actions (login required)

View Item
View Item