PERLINDUNGAN HAK KEBEBASAN BERPENDAPAT DAN BEREKSPRESI (FREEDOM OF OPINION AND EXPRESSION) (STUDI KASUS ENES KANTER)= PROTECTION OF THE RIGHT TO FREEDOM OF OPINION AND EXPRESSION (CASE STUDY OF ENES KANTER)


Anugrah, Muhammad Putra (2022) PERLINDUNGAN HAK KEBEBASAN BERPENDAPAT DAN BEREKSPRESI (FREEDOM OF OPINION AND EXPRESSION) (STUDI KASUS ENES KANTER)= PROTECTION OF THE RIGHT TO FREEDOM OF OPINION AND EXPRESSION (CASE STUDY OF ENES KANTER). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B11116558_skripsi_30-11-2021 sampul1.jpg

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B11116558_skripsi_30-11-2021 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B11116558_skripsi_30-11-2021 dapus.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of full taxt] Text (full taxt)
B11116558_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui bentuk perlindungan hukum mengenai hak kebebasan berpendapat dan berekspresi (freedom of opinion and expression) menurut hukum internasional dan Eropa serta implementasi hak kebebasan berpendapat dan berekspresi (freedom of opinion and expression) di Turki dan Indonesia.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian normatif dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan perbandingan. Penelitian ini menggunakan bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, serta bahan non-hukum yang dianalisis secara kualitatif, untuk menghasilkan preskripsi.
Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut 1) Kebebasan berpendapat dan berekspresi telah jelas diatur dalam berbagai instrumen hukum baik dalam instrumen hukum hak asasi manusia internasional maupun regional. Tak hanya perlindungan, instrumen-instrumen tersebut juga mengatur batasan-batasan dalam kebebasan berpendapat dan berekspresi yang memungkinkan individu untuk menghargai hak individu lain. 2) Implementasi kebebasan berpendapat dan berekspresi tiap negara berbeda. Turki dalam implementasi kebebasan berpendapat dan berekspresi lebih ketat dengan pengaturan mengenai pembatasan kebebasan berpendapat dan berekspresi yang cukup spesifik, sedangkan indonesia tidak secara spesifik mengatur mengenai pembatasan kebebasan berpendapat dan berekspresi.
Keywords : kebebasan berpendapat dan berekspresi, hak asasi manusia, Turki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Jan 2022 03:17
Last Modified: 15 Jan 2022 03:17
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12071

Actions (login required)

View Item
View Item