PERUBAHAN POLA MAKAN DAN GAYA HIDUP PADA ORANG DEWASA SELAMA LOCKDOWN AKIBAT PANDEMI COVID-19; TINJAUAN LITERATUR SISTEMATIS = CHANGES IN DIETARY PATTERN AND LIFESTYLE IN ADULTS DURING LOCKDOWN DUE TO THE COVID-19 PANDEMIC; A SYSTEMATIC REVIEW


Nirmalasari, Putri Indah (2022) PERUBAHAN POLA MAKAN DAN GAYA HIDUP PADA ORANG DEWASA SELAMA LOCKDOWN AKIBAT PANDEMI COVID-19; TINJAUAN LITERATUR SISTEMATIS = CHANGES IN DIETARY PATTERN AND LIFESTYLE IN ADULTS DURING LOCKDOWN DUE TO THE COVID-19 PANDEMIC; A SYSTEMATIC REVIEW. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K012191017_tesis cover1.jpg

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K012191017_tesis bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K012191017_tesis dapus-lamp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of full taxt] Text (full taxt)
K012191017_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Lockdown akibat pandemi COVID-19 menyebabkan terbatasnya akses terhadap makanan dan mobilitas sehingga berpengaruh pada perubahan pola makan dan gaya hidup yang berdampak pada status gizi, terutama pada orang dewasa. Systematic review ini bertujuan untuk mengkaji perubahan pola makan dan gaya hidup pada orang dewasa selama lockdown akibat pandemi COVID-19.

Pencarian studi menggunakan database elektronik (PubMed, Science Direct, Google Scholar, ProQuest, CrosRef dan DOAJ) dan daftar artikel referensi disertakan berjumlah 430 studi. Dua pengulas menyaring, mengekstrak, dan memilih studi berkualitas secara independen menggunakan diagram alir PRISMA dan JBI critical appraisal, yang didokumentasikan pada Mendeley dan Covidence menghasilkan 54 studi. Ekstraksi data dilakukan secara manual menggunakan MS. Excell. Analisis data dari setiap studi menggunakan sintesis kualitatif untuk merangkum hasil penelitian dari setiap studi.

Hasil systematic review menunjukkan bahwa lockdown COVID-19 berdampak positif maupun negatif pada pola makan dan gaya hidup, yang mayoritas pada perubahan yang negatif. Perubahan pola makan mayoritas dilaporkan perubahan pola makan tidak sehat. Selain itu, perubahan gaya hidup mayoritas melaporkan penurunan aktivitas fisik, peningkatan perilaku menetap (waktu duduk dan penggunaan layar), peningkatan konsumsi alkohol, kebiasaan merokok/penggunaan tembakau dan ganja yang tidak berubah. Perubahan tersebut berdampak pada peningkatan status gizi (IMT) dan berat badan. Perubahan pola makan dan gaya hidup dilaporkan mayoritas oleh wanita, usia lebih muda, tingkat pendidikan lebih tinggi, tidak bekerja dan penghasilan tinggi, serta etnis asli. Sebaiknya systematic review berikutnya lebih fokus pada negara-negara non-western, seperti Asia termasuk Indonesia serta variabel berpengaruh lainnya yang belum dimasukan dalam systematic review ini.
Keywords : Perubahan, Pola Makan, Gaya Hidup, Lockdown, Pandemi COVID-19, Dewasa

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 12 Jan 2022 04:06
Last Modified: 12 Jan 2022 04:06
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12051

Actions (login required)

View Item
View Item