Pengaruh Pendidikan Kesehatan melalui Media Sosial WhatsApp terhadap Kepatuhan Konsumsi Tablet Fe pada Ibu Hamil di Wilayah Puskesmas Bajoe Kabupaten Bone Sulawesi Selatan = The Influence of Health Education Through WhatsApp Social Media on the Compliance of Fe Tablet Consumption in Pregnant Women in Bajoe Public Health Center Bone District South Sulawesi


Bugista, Gusti Verawati (2022) Pengaruh Pendidikan Kesehatan melalui Media Sosial WhatsApp terhadap Kepatuhan Konsumsi Tablet Fe pada Ibu Hamil di Wilayah Puskesmas Bajoe Kabupaten Bone Sulawesi Selatan = The Influence of Health Education Through WhatsApp Social Media on the Compliance of Fe Tablet Consumption in Pregnant Women in Bajoe Public Health Center Bone District South Sulawesi. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K012181018_tesis cover1.jpg

Download (296kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K012181018_tesis bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K012181018_tesis dapus-lamp.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of full taxt] Text (full taxt)
K012181018_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

GUSTI VERAWATI BUGISTA. Pengaruh Pendidikan Kesehatan melalui Media Sosial WhatsApp terhadap Kepatuhan Konsumsi Tablet Fe pada Ibu Hamil di Wilayah Puskesmas Bajoe Kabupaten Bone Sulawesi Selatan (Dibimbing oleh Muh. Syafar dan Masni).

Anemia adalah masalah mikronutrient akibat kurangnya hemoglobin (Hb) darah yang disebabkan oleh rendahnya asupan zat besi. World Health Organization (WHO) mencatat lebih dari 30% penduduk dunia mengalami anemia dengan prevalensi sekitar 30-48% di negara-negara berkembang termasuk Indonesia.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan melalui media sosial WhatsApp terhadap pengetahuan, sikap dan kepatuhan ibu hamil dalam mengkonsumsi tablet besi

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan rancangan Quasy-eksperimental dengan pre-test post-test control group design. Populasi adalah semua ibu hamil yang berkunjung di Puskesmas Bajoe Kabupaten Bone bulan Januari 2021 sebanyak 94 orang. Responden dipilih secara purposive sampling sebanyak 40 ibu hamil. Data diperoleh dengan model single-question screening tool dengan instrumen kuesioner untuk mengukur pengetahuan dan sikap, sedangkan kepatuhan diukur pill count dalam periode Februari sampai April 2021. Intervensi berupa pemberian pendidikan kesehatan mengenai anemia dan manfaat mengkonsumsi tablet besi pada ibu hamil melalui media sosial WhatsApp berupa flyer, pesan pengingat dan kelompok diskusi. Data dianalisis menggunakan Paired t-test, Independent t-test, dan Mann-Whitney.

Hasil uji Mann-whitney menunjukkan perbedaan signifikan kepatuhan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol dengan nilai p<0.001. Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan media sosial WhatsApp terhadap pengetahuan, sikap dan kepatuhan ibu hamil dalam mengkonsumsi tablet besi. Tenaga kesehatan diharapkan memberikan pendidikan kesehatan dan pendampingan pada ibu hamil agar patuh dalam mengkonsumsi tablet Besi dengan memanfaatkan aplikasi WhatsApp terutama di masa pandemi covid 19 saat ini.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 12 Jan 2022 04:00
Last Modified: 12 Jan 2022 04:00
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12048

Actions (login required)

View Item
View Item