PENGARUH PEMBERDAYAAN STRUKTURAL TERHADAP KEPUASAN KERJA PERAWAT DENGAN PEMBERDAYAAN PSIKOLOGIS SEBAGAI MEDIATING FACTOR DI RSUD SYEKH YUSUF KABUPATEN GOWA = THE EFFECT OF STRUCTURAL EMPOWERMENT ON NURSING JOB SATISFACTION WITH PSYCHOLOGICAL EMPOWERMENT AS MEDIATING FACTOR AT SYEKH YUSUF HOSPITAL OF GOWA


ASIKIN, DIAN ASTIRINI (2022) PENGARUH PEMBERDAYAAN STRUKTURAL TERHADAP KEPUASAN KERJA PERAWAT DENGAN PEMBERDAYAAN PSIKOLOGIS SEBAGAI MEDIATING FACTOR DI RSUD SYEKH YUSUF KABUPATEN GOWA = THE EFFECT OF STRUCTURAL EMPOWERMENT ON NURSING JOB SATISFACTION WITH PSYCHOLOGICAL EMPOWERMENT AS MEDIATING FACTOR AT SYEKH YUSUF HOSPITAL OF GOWA. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K012171045_tesis cover1.jpg

Download (308kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K012171045_tesis bab 1-2.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K012171045_tesis dapus-lamp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of full taxt] Text (full taxt)
K012171045_tesis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

DIAN ASTIRINI ASIKIN. Pengaruh Pemberdayaan Struktural terhadap Kepuasan Kerja Perawat di RSUD Syekh Yusuf Kabuaten Gowa. (Dibimbing oleh Fridawaty Rivai dan Hasnawati Amqam).
Tantangan terbesar yang dimiliki rumah sakit saat ini dalam menghadapi persaingan global dan penyesuaian pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) salah satunya mengenai sumber daya manusia, khususnya kepuasan kerja perawat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh
pemberdayaan struktural terhadap kepuasan kerja perawat di RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional study. Populasi penelitian ini adalah perawat RSUD Syekh Yusuf. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode total sampling, Jumlah sampel sebanyak 184 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui pengisian kuesioner penelitian. Data dianalisis dengan menggunakan analisis partial least square (PLS).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan structural berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja perawat. Berdasarkan hasil analisis penelitian, pemberdayaan struktural berpengaruh positif (path coefficient 0.487) dan signifikan (nilai T 6.727 >1.96) terhadap kepuasan kerja. Hasil ini menunjukkan bahwa kepuasan kerja perawat RSUD Syekh Yusuf dapat meningkat apabila pemberdayaan struktural ditingkatkan. Kepada RSUD Syekh Yusuf agar dapat menciptakan lingkungan dan suasana kerja yang sehat bagi perawat dengan kerjasama yang baik antara atasan dan perawat serta sejawat lintas profesi dan memberikan kepercayaan berupa tugas yang bervariasi dan delegasi tugas pada perawat.
Kata Kunci: Pemberdayaan Struktural, Kepuasan Kerja, Perawat, RSUD 07/07/

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 11 Jan 2022 01:49
Last Modified: 11 Jan 2022 01:51
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12044

Actions (login required)

View Item
View Item