PENGARUH EKSTENSIFIKASI, INTENSIFIKASI, DAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK TERHADAP DANA BAGI HASIL PAJAK PENGHASILAN DENGAN PERTUMBUHAN EKONOMI SEBAGAI PEMODERASI


Tonapa, Mario Bernandus (2021) PENGARUH EKSTENSIFIKASI, INTENSIFIKASI, DAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK TERHADAP DANA BAGI HASIL PAJAK PENGHASILAN DENGAN PERTUMBUHAN EKONOMI SEBAGAI PEMODERASI. Thesis thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
A042191013_tesis cover1.png

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
A042191013_tesis 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
A042191013_tesis dp.pdf

Download (488kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
A042191013_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa jauh peranan administrasi perpajakan mampu menstimulus Dana Bagi Hasil Pajak Penghasilan (DBH PPh) di provinsi Sulawesi Selatan.
Administrasi perpajakan yang menjadi objek penelitian ini meliputi ekstensifikasi, intensifikasi, dan kepatuhan wajib pajak (yang kemudian menjadi variable bebas dari penelitian ini). Selain administrasi perpajakan, perlu juga ditakar pengaruh pertumbuhan ekonomi dalam memoderasi penerimaan DBH dalam kerangka penerimaan pajak PPh Pasal 21 dan PPh OP karena diyakini pertumbuhan ekonomi dapat menstimulus DBH. Penelitian ini menggunakan teknik pengujian analisis regresi linear berganda dan regresi interaksi atau dikenal dengan istilah Moderated Regresion Analysis (MRA). Data yang digunakan adalah data panel dengan enam kota/kabupaten sampel (yakni Makassar, Maros, Parepare, Watampone, Palopo, dan Bantaeng) dan lima rentang waktu dari tahun 2015 sampai dengan 2019 sehingga total observasi data ada 30 data. Karena administrasi perpajakan dikelola oleh Direktorat Jenderal Pajak maka sumber data terutama pada Kantor Pelayanan Pajak yang berada di kota sampel sementara data pertumbuhan ekonomi menggunakan data BPS kota sampel dan DBH diperoleh dari Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi dapat memoderasi DBH; variabel Ekstensifikasi perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap DBH ; variabel Intensifikasi perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap DBH, dan variabel Kepatuhan wajib pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap DBH PPh

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Keuangan Daerah
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 03 Jan 2022 07:42
Last Modified: 03 Jan 2022 07:42
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12018

Actions (login required)

View Item
View Item