PEREDAMAN SMALL SIGNAL STABILITY MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC CONTROLLER PADA SISTEM SULSELBAR


MAHENDRA, MUAMMAR YUSRIL ISHA (2021) PEREDAMAN SMALL SIGNAL STABILITY MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC CONTROLLER PADA SISTEM SULSELBAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D41114526_skripsi_05-11-2021 cover1.png

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D41114526_skripsi_05-11-2021 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D41114526_skripsi_05-11-2021 dp.pdf

Download (453kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D41114526_skripsi_05-11-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Sistem tenaga listrik yang baik merupakan suatu sistem yang dapat melayani beban secara berkelanjutan serta tegangan dan frekuensinya stabil, Perubahan terjadi disebabkan oleh permintaan beban yang berubah-ubah dari waktu ke waktu. dalam kasus ini terdapat beberapa variasi kendali yang dipasangkan pada generator untuk meningkatkan efisiensi peredamanya terhadap eksistansi osilasi operasi. Peralatan kendali PID dan Fuzzy Logic yang dipasangkan pada pembangkit tenaga listrik bertujuan untuk memperbaiki kestabilan sistem operasinya. Salah satu pendekatan yang digunakan aplikasi kendali berbasis logika fuzzy. Di lakukan studi perbandingan Tanpa kontrol, dan mengunakan control PID dan Fuzzy Logic Controller, untuk mengetahui karakteristik waktu tanggapan peredaman osilasi dan perbadingan kinerja kedua control kendali tersebut, Simulasi ini dilakukan perbandingan dengan menambahkan beban pada generator dan peralatan kontrol berupa PID dan Fuzzy Logic Controller yang di pasang pada sistem, gangguan berupa gangguan-gangguan kecil yang terjadi pada pembangkit dan penepatan kedua kontrol tersebut di tempatkan pada generator dengan perubahan beban untuk melihat titik optimal dari pemasangan PID dan Fuzzy Logic Controller dalam meredam osilasi yang timbul akibat gangguan kecil Adapun percobaan simulasi ini dilakukan menggunakan MATLAB (Matrix Laboratory) dengan tools Simulink, Dengan hasil analisis menunjukan bahwa perbaikan menggunakan kontrol Fuzzy Logic Controller lebih efektif dibandingkan kontrol PID dimana Fuzzy Logic lebih sanggup meredam osilasi yang terjadi pada gangguan generator pada sistem unit pembangkit (Sengkang).
Kata kunci: Kestabilan Small Signal, penambahan beban, menambahkan Fuzzy Logic Controller dan PID (Proportional Integral Derivative Controller).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 30 Dec 2021 02:22
Last Modified: 30 Dec 2021 02:22
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/11959

Actions (login required)

View Item
View Item